Tampilan intro pada video
Kepoilmu.com – Dunia ilmu pengetahuan bisa dikatakan dunia yang luas. Ada banya cabang-cabang ilmu yang ada dan sedang berkembang sekarang, bahkan sedang dikembangkan. Ilmu sangat penting bagi kita, karena ilmu itu adalah sebuah dasar. Seperti yang kepoilmu.com bagikan pada artikel sebelumnya, artikel yang berjudul apa itu kepoilmu.com, ilmu adalah dasar yang terkadang dan memang sering kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita. 
Ilmu yang luas sudah pasti memiliki bidang-bidangnya. Bidang ilmu sangatlah banyak, namun tidak semua dari kita mengetahuinya. Adapun informasi yang kita ketahui mengenai bidang-bidang ilmu hanya sebatas ilmu yang umum-umum saja, seperti ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ilmu agama, ilmu bahasa, dan lain-lain. Kali ini kepoilmu.com akan membuka wawasanmu mengenai bidang-bidang ilmu yang ada sekarang. Semoga saja dapat menambah pengetahuanmu.
Sebelum membahas bidang-bidang ilmu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu arti dari ilmu itu sendiri.
Nah, apa itu ilmu….?
Menurut wikipedia, ensiklopedia bebas, ilmu artinya seluruh usaha sadar untuk menyelidik, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam manusia. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkungan pandangannya dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Hampir senada dengan Wikipedia, Kamus Besar Bahasa Indonesia secara spesifik menyatakan bahwa ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejalan tertentu di bidang pengetahuan. Contohnya, Dapi memperoleh gelar dokter dalam pendidikannya. Artinya Dapi telah mendapatkan pengetahuan dengan gelar tersebut dalam pendidikannya.
Masih kurang lengkap rasanya jika kita hanya mengetahui arti ilmu dari sebuah website dan kamus saja. Mari kita lihat lagi pengertian ilmu menurut beberapa ahli berikut ini.
  • Menurut  Prof. Dr. M.Gade yang merupakan salah satu guru besar di STEI Jakarta. Ilmu adalah falsafah, yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.
  • Menurut Thomas Kuhn, seorang filsuf yang ahli dalam bidang filsafat sains. Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
  • Menurut Prof. Dr. Maurice Bucaille, seorang ahli bedah kenamaan Prancis. Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
Dari beberapa referensi dan pendapat beberapa pendapat ahli di atas maka dapat ditarik kesimpulan, ilmu adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengetahuan, teori-teori dasar yang telah ditemukan dan disepakati bersama oleh ahli-ahli dibidangnya, terdiri dari fakta-fakta informasi yang disusun secara sistematis, memiliki batasan-batasan dan metode tertentu. Ilmu adalah hasil buah pikir manusia yang aplikatif kegunaannya.
Nah, sudah paham arti ilmu? Semoga saja sedikit dari banyak penjelasannya bisa menambah pemahamanmu.
Arti ilmu sudah, sekarang mari kita lihat bidang-bidang ilmu yang ada sekarang. Bidang ilmu memiliki batasan-batasan dan tujuannya masing-masing, ada yang implementatif, ada yang objektif, subjektif, dan lain-lain.
Berikut ini bidang-bidang ilmu yang ada dan sedang berkembang sekarang:
  • Ilmu alam, diantaranya adalah ilmu biologi, fisika, kimia, dan bumi.
  • Ilmu sosial, diantaranya adalah ilmu antropologi, ekonomi, politik, linguistik, sosiologi, krimonologi, hukum, administrasi negara, administrasi niaga, administrasi fiskal, ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, dan pskologi.
  • Ilmu terapan, diantaranya adal ilmu komputer dan informatika, serta ilmu teknik dan rekayasa.
Kepoilmu.com akan membahas kembali secara khsusus untuk bidang-bidang ilmu di atas. Secara umum memang hanya demikian bidang-bidang ilmunya, namun secara khsusus bidang-bidang ilmu tersebut masih memiliki bidang-bidangnya lagi jika didalami oleh kita. Contohnya pada dunia komputer, diantaranya adalah bidang jaringan, sistem tertanam, software, kecerdasan buatan, dan masih banyak lagi.
Cukup sekian pembahasan apa itu ilmu dan apa saja bidang-bidangnya menurut kepoilmu.com. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu, lihat video penjelasan singkatnya di channel youtube kepoilmu.com yang berjudul apa itu ilmu dan apa saja bidang-bidangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *