Kepoilmu.com – “Air”. Kata ini bukanlah kata yang asing lagi bagi kita para pejuang kehidupan dijagat raya ini. Ada banyak alasan mengapa kita harus minum air putih setiap hari, salah satunya adalah karena air merupakan satu diantara sumber kehidupan yang mempunyai banyak manfaat. Secara umum, air di kita gunakan untuk kebutuhan cuci kakus, mandi, minum dan sebagainya. 

Ilustrasi mengapa kita harus minum air?
Sobat Kepo, pada artikel kali ini; Kepoilmu.com akan membahas masalah minum air putih. Air mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, jangan ditanya ada berapa manfaatnya. Tentu saja sangatlah banyak dan sangat-sangat bermanfaat untuk kelancaran kesehatan tubuh kita.  
Air adalah kebutuhan utama bagi tubuh manusia, selain makanan. Mengapa demikian? Karena terhitung hampir sekitar 70 % tubuh kita terdiri dari air. Ketika air-air dalam tubuh kita mengalami pengurangan akibat beberapa aktivitas yang kita lakukan, tentu ad cara untuk menambah dan mengisi ulang air-air tersebut. Caranya adalah minum air putih. Tidak dapat kita bayangkan bagaimana jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan (dehidrasi), tentu hal ini akan sangat berdampak bagi kesehatan tubuh kita dan bahkan bisa mengancam nyawa kita. Sangat disayangkan bukan?
Berdasarkan permasalahan pentingnya air bagi tubuh kita di atas, tentu ada beberapa alasan mengapa kita harus minum air putih setiap harinya. 

Berikut alasan penting mengapa kita harus minum air putih setiap hari:

1. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Sobat Kepo, ketahuilah bahwa di saat malam hari, tubuhmu akan memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun yang ada dalam tubuh. Nah, saat kamu minum air pada saat perutmu kosong di pagi hari, racun-racun yang ada di dalam tubuh akan keluar. Maka dari itu, kebiasaan minum air putih setiap hari dapat membuat tubuh Sobat tetap segar dan sehat.

2. Meningkatkan Metabolisme dan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selain menghilangkan racun dalam tubuh, minum air putih pada saat perut Sobat kosong juga bisa meningkatkan tingkat metabolisme dan memperkuat sistem imun tubuh Sobat, setidaknya meningkat sekitar 24 persen. Tingkat metabolisme yang terus meningkat ini akan mengakibatkkan sistem pencernaan Sobat menjadi lebih baik. 
Di samping itu, minum air putih pada saat perut kosong juga dapat membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat Sobat tetap aman dari berbagai penyakit, pada akhirnya dengan minum air putih setiap hari tentu tidak akan membuat Sobat jatuh sakit.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat Sobat minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, Sobat akan melepaskan semua racun yang ada di dalam tubuh. Minum air putih setiap hari akan memperbaiki sistem pencernaan Sobat. Dengan demikian efeknya Sobat akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat untuk makan bisa berkurang. Sehingga, hal ini akan mencegah kenaikan berat badan Sobat akibat makan yang berlebihan.

4. Mencegah Gangguan pada Pencernaan

Seperti yang dipaparkan di poin 2 dan 3 di atas, minum air putih setiap hari dapat mencegah gangguan penceraan Sobat. Gangguan pencernaan ini disebabkan oleh meningkatnya asam di lambung. Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan Sobat. Namun, ketika kita minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung Sobat naik.

5. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Sobat, adalah satu akibat dari dehidrasi adalah dapat menyebabkan kulitmu keriput dini. Ditemukan dalam sebuah studi bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari dapat membuat kulitmu menjadi lebih bercahaya.

6. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Sobat Kepo, dampak lain dari dehidrasi adalah pada pertumbuhan rambut Sobat yang tidak baik. Minum banyak air memberi nutrisi pada rambut Sobat dari dalam hingga luar. Asupan air yang tidak mencukupi bisa saja menyebabkan rambut rapuh dan helai rambutnya menjadi tipis. Dengan banyak minum air putih, Sobat juga dapat meningkatkan kualitas rambutmu sampai tingkat yang lebih tinggi. Air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut.

7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Batu ginjal dan kantung kemih adalah beberapa penyakit yang tidak baik untuk kondisi tubuh kita, bahkan bagi nyawa Sobat. Minum air putih segera setelah bangun sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang kita minum (sampai batas yang sehat), semakin Sobat akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.
Nah, jadi itulah 7 alasan penting mengapa kita harus diminum setiap harinya. Semoga tulisan Kepoilmu.com kali ini bisa menambah pengetahuanmu mengenai air putih dan manfaatya.
Tunggu Sobat, ada alasan lain nih mengapa kita harus minum air putih setiap hari, minumnya harus 8 gelas perhari; mengapa harus begitu?

Dikutip dari hasil penelitian tentang manfaat minum air putih yang dilakukan oleh Dzoko (2006) dan Atika (2009), berikut ini adalah alasan lainnya mengapa kita harus minum air putih setiap hari:


Djoko Pekik Irianto (2006: 11) 
  • Sebagai media transportasi zat-zat besi, membuang sisa-sisa metabolisma, hormon ke organ sasaran. 
  • Mengatur temperatur tubuh terutama selama aktivitas fisik, 
  • Mempertahankan keseimbangan volume darah. 

Atika Proverawati (2009: 34)
  • Pelarut zat gizi
  • Fasilitator pertumbuhan
  • Sebagai katalis reaksi biologis
  • Sebagai pelumas
  • Sebagai pengatur suhu tubuh
  • Sebagai sumber mineral bagi tubuh. 

Nah dari banyaknya manfaat minum air putih setiap hari di atas, tentu Sobat dapat menyimpulkan sendiri apa sih sebenarnya alasan mengapa kita harus minum air putih setiap hari.


Semoga bermanfaat ya Sobat, jangan lupa minum air putih setiap hari ya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *