Kepoilmu.com – Melanjutkan pendidikan adalah keinginan setiap insan manusia, termasuk kamu yang membaca artikel ini. Pendidikan menjadi bekal kita untuk terjun kedunia pekerjaan, masyarakat, dan lainnya. Pendidikan juga menjadi syarat untuk melamar pekerjaan di beberapa instansi perusahaan maupun pemerintahan, pendidikan sangatlah penting untuk kita dewasa ini.
 
Bagi anak-anak SMA, melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan menjadi seorang sarjana adalah cita-cita mereka. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi mana mereka akan menempuh pendidikannya, mereka pasti sudah menentukan pilihan minat jurusannya terlebih dahulu dan selanjutnya baru menentukan perguruan tingginya. Untuk masuk ke perguruan tinggi baik itu swasta maupun negeri ada beberapa jalurnya tersendiri, tergantung dengan perguruan tinggi yang bersangkutan. Jalu-jalur tersebut diantaranya adalah melalui jalur PMDK, SNMPTN, SMBTN, Ujian Mandiri (UM), dan lainnya.
Kali ini Kepoilmu.com akan membahas jalur masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN.
Nah, apa itu SNMPTN?
Apa sih tujuan diadakanya SNMPTN?
Let’s we check it….
Berdasarkan informasi yang Kepoilmu.com baca di website resmi SNMPTN, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa saat ini ada jalur masuk perguruan tinggi melalui jalur tersebut. Berikut ini adalah alasannya:
Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon
mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan, setelah pendidikan menengah, menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN. 
Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN dengan asumsi bahwa sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter. Oleh karena itu, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar serta mendorong dan mendukung siswa dalam proses mendaftar. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa yang dijadikan sumber utama data SNMPTN.

Tujuan dilaksanakannya SNMPTN

Berdasarkan latar belakang diadakan SNMPTN di atas, ada 2 tujuan yang dimaksudkan. Berikut tujuan pelaksanaannya, dikutip dari situs resmi SNMPTN:

  • Memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  • Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.
Jadi, dapat disimpulkan SNMPTN merupakan sebuah jalur penerimaan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang memperhatikan prestasi akademik siswa maupun sekolahnya, pelaksanaan seleksinya secara nasional. Sudah mengerti apa itu SNMPTN dan tujuan pelaksanaannya? Semoga saja mengerti dengan sedikit penjelasannya. Sekian dari artkel Kepoilmu.com kali ini, terimakasih telah berkunjug dan membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *