Kepoilmu.com– Selamat malam Sobat kepoilmu.com, kali ini bahasan yang akan kepoilmu.combagikan masih terkait dengan SNMPTN ya Sobat. Nah karena kemarin sudah di ulas apa itu SNMPTN dan apa tujuan pelaksaannya, kali ini ulasannya adalah syarat-syarat untuk pendaftaranya sobat.

Bagi kebanyakan orang awam, khususnya siswa/i yang akan melanjutkan studinya pasti ada timbul pertanyaan dibenaknya. Pendaftaran SNMPTN tentu tidak semudah pendaftaran ketika kita ingin berobat di rumah sakit sobat, ada syarat-syaratnya lho. Kepoimu.com sangat merekomendasikan sobat-sobat semuanya yang mungkin belum tahu apa saja syarat-syarat pendaftaranya. Perlu kita ketahui, syarat-syarat ini haruslah dilengkapi jika memang sobat ingin benar-benar lulus melalui jalur SNMPTN.
Mari kita cek….
Sekolah dan siswa yang akan mendaftar SNMPTN mempunyai batasan-batasan syaratnya. Apa saja batasannya?
Menurut penelusuran Kepoilmu.com di website resmi SNMPTN, batasan tersebut bergantung pada prestasi dan akreditasi sekolah bersangkutan. Ada beberapa syarat Untuk lebih jelasnya, mari kita cek penjelasan langsung dari webnya berikut ini:
A. Syarat Umum 
  • SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

B. Syarat Khusus

  • Persyaratan Sekolah 

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

  • Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2018 yang memenuhi persyaratan.
* Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:

  1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
  2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
  3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
  4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya. 

* Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS. 
* Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS, 
* Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS. 
* Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

  • Penerima di Perguruan Tinggi Negeri
Peserta diterima di PTN, jika:
a.       lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat;
b.      lulus SNMPTN 2018; dan
c.       lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Nah, jadi kurang lebih bergitulah sobat untuk syarat-syarat pendaftannya. Semoga bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *