Sobat Kepo, Google adalah salah satu mesin pencarian (Search Engine) yang populer hingga saat ini. Lalu, apa itu google? Bagaimana sejarah berdirinya google? Siapa penemu google? 

Sobat pasti kepo dengan 3 poin pertanyaan di atas. Di era digital saat ini, hidup tanpa google mungkin adalah hidup yang hampa bagi sebagian orang, terkhususnya mereka yang kepo (rasa ingin tahunya tinggi). 

Hampir semua yang akan kita tanyakan dan cari itu ada di Google. Sebagian dari kita mungkin hanya tahu kalau google itu adalah mesin pencarian saja, namun tidak tahu apa sih sebenarnya google itu, apa saja produk-produk dalam perusahaan dan bagaimana sejarah berdirinya salah satu raksasa internet dunia itu?

Yakin sudah tahu betul tentang google dan sejarah berdirinya?
Kalau belum tahu, ayuk dibaca artikel ini Sobat….


Google memang sebagai penjawab rasa kepo kita, namun sebagai insan manusia yang berpengetahuan kita juga wajib mengetahui google dan sejarahnya, tidak hanya tahu menggunakannya saja. Artikel kepoilmu.com kali ini adalah jawaban bagi kamu yang penasaran dengan apa itu google danbagaimana sejarah berdirinya?

Nah apa sih google itu?


Menurut Wikipedia, Google adalah sebuah perusahaan multinasional di Amerika Serikat yang berfokuskan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut diantaranya adalah teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Adapun sebagian besar laba Google berasal dari AdWords yang merupakan sebuah produk periklanan yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan.

Bagaimana sejarah berdirinya Google?


Sobat, Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford pada tanggal 4 September 1998. Hebatya, mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan itu. 

Misi dari 2 manusia cerdas itu adalah untuk “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”. Kemudian, slogan tidak resmi yang mereka buat untuk perusahaanya berbunyi “Don’t be evil”. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2006 kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Ide awal pendirian google dinisiasikan oleh Lary Page. Dilansir dari detik.com, kantor awal Google hanya di garasi.
Google memang ide awalnya berasal dari Page yang dibantu kemudian oleh Brin. Mereka berhasil memperoleh pendanaan senilai USD 1 juta dari dari teman dan keluarga yang percaya bahwa Google akan sukses. Google pun didirikan, kantor awalnya di sebuah garasi,” tulis redaksi Detik.com.

Menurut Wikipedia, sejak pertama kali didirikan, Google mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.. Raksasa internet dunia ini telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan tersebut diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. 

“Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger,” dikutip dari Wikipedia.

Masih dari sumber yang sama, situs Wikipedia menyebutkan bahwa Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Namun dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi. Kemudia pada tahun 2014, Google juga mendapatkan penghargaaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki merk paling bernilai di dunia.

“Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Pada restrukturisasi tersebut, Larry Page akan menjadi CEO perusahaan baru Alphabet. Sergey Brinn menjabat sebagai President didampingi Erich Schmidt sebagai Executive Chairman. Sedangkan, CEO Google akan dijabat oleh Sundar Pichai,” tulis Wikipedia.

Nah, jadi seperti itulah google dan sejarahnya. Semoga artikel kepoilmu.com kali ini bisa menjawab rasa kepo kamu dan tentunya bermanfaat, bisa menambah pengetahuanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *