Kepoilmu.com – Perkembangan teknologi otomatisasi merupakan salah satu perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Teknologi otomatiasasi yang dikembangkan ini beriringan dengan kebutuhan manusia, baik dalam kehidupannya sehari-hari, pendidikan bahkan hingga dalam dunia industri. Teknologi otomatisasi yang biasanya banyak digunakan saat ini adalah pada robot. Teknologi ini menerapkan otomatisasi yang mengganti gerak dan kerja manusia.
Sudah tahukah apa itu robot?

Image source: www.wallpapercave.com

Kalau belum tahu dan masih kepo dengan yang namanya robot, yuk dibaca artikel kepoilmu.com ini.

Mari kita telusuri sejarahnya terlebih dahulu.
Menurut fu, et al. (1987) penelitian dan pengembangan pertama yang berbuah produk robotika dapat dilacak mulai dari tahun 1940-an ketika Argone National Laboratories di Oak Ridge, Amerika, memperkenalkan sebuah mekanisme robotika yang dinamai master-slave manipulator. Robot ini digunakan untuk menangani material radioaktif. Produk pertama robot komersial diperkenalkan oleh Unimation Incorporated, Amerika pada tahun 1950-an.  Robot-robot cerdas mulai berkembang pesat seiring berkembangnya teknologi komputer sekitar tahun 1950-an.
Satu diantara negara yang fokus pada dunia robotika adalah Jepang.
Berikut ini beberapa pengertian robot yang dikutip dari beberapa sumber referensi:
  • Menurut official Japanese, Robot merupakan sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent.
  • Menurut Robot Institute of America, Robot merupakan sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya.
  • Meriam-Webster mendefinisikan bahwa robot merupakan mesin yang terlihat seperti manusia dan melakukan berbagai tindakan yang kompleks dari manusia seperti berjalan atau berbicara, atau suatu peralatan yang bekerja secara otomatis.
Dari sedikit pemaparan tentang sejarah dan pengertian robot menurut beberapa referensi di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa robot merupakan teknologi otomatisasi yang memiliki fungsi gerak layaknya gerak makhluk hidup yang telah diprogram pada sistem komputer dan dapat dikendalikan ataupun mengendalikan sebuah sistem secara otomatis.
Nah sekian dulu ya bahasan Kepoilmu.com mengenai apa itu robot, semoga bermanfaat untuk kita semua. Pantengin terus ya artikel kepoilmu.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *