Kepoilmu.com – Sobat Kepo, Computer vision merupakan salah satu teknologi komputer paling populer saat ini dan banyak digunakan untuk mempermudah kerja manusia. Pada umumnya aplikasi dari computer vision sering diaplikasikan pada sistem keamanan, kedokteran, robotika, industri, dan lain-lain. Salah satu bidang aplikasi yang paling menonjol adalah computer vision pada dunia medis atau pemrosesan gambar medis (medical image proscessing). 
Bidang ini ditandai dengan ekstraksi informasi dari data gambar untuk tujuan membuat diagnosis medis pasien. Secara umum, data gambar berupa gambar mikroskop, gambar X-ray, gambar angiografi, gambar ultrasonik, dan gambar tomografi. Contoh informasi yang dapat diekstraksi dari data gambar tersebut adalah deteksi tumor, arteriosklerosis atau perubahan maligna lainnya. Ini juga dapat berupa pengukuran dimensi organ, aliran darah, dan lain-lain.
Ilustrasi Computer Vision dalam bidang robotika. Image source: www.appian.com
Sebelum mengenal lebih jauh mengenai aplikasi ataupun manfaat dari computer vision ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya computer vision.

Penasaran dengan apa itu Computer vision?

Yuk kepoin apa itu Computer vision pada artikel kepoilmu.com berikut ini.
Sebelum mengetahui kejelasan apa itu computer vision, mari kita lihat dan pahami terlebih dahulu apa itu computer vision dari beberapa pendapat berikut ini.
Menurut Wikipedia, Computer Vision merupakan bidang ilmu interdisipliner yang berhubungan dengan bagaimana komputer dapat dibuat untuk mendapatkan pemahaman tingkat tinggi dari gambar digital atau video.
 
Jika dilihat dari perspektif tekniknya, computer vision berusaha mengotomatisasi tugas-tugas yang dapat dilakukan oleh sistem visual manusia. Computer Vision berkaitan dengan ekstraksi otomatis, analisis dan pemahaman informasi yang berguna dari satu gambar atau rangkaian gambar. Proses ini melibatkan pengembangan dasar teoretis dan algoritmik untuk mencapai pemahaman visual otomatis.
 
Sebagai disiplin ilmu yang ilmiah, computer vision berkaitan dengan teori di balik sistem buatan yang mengekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pemandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari pemindai medis.
 
Sedangkan jika dilihat dari disiplin teknologinya, computer vison berusaha menerapkan teori dan modelnya untuk pembangunan sistem visi komputer.
 
Menurut Hayo.io, computer vision merupakan bidang kecerdasan buatan dan ilmu komputer yang bertujuan memberi komputer pemahaman visual tentang dunia. Tujuan dari Computer Vision adalah untuk meniru visi manusia menggunakan gambar digital melalui tiga komponen pemrosesan utama, yaitu:
  • Pengambilan gambar
  •  Pemrosesan gambar
  • Analisis dan pemahaman gambar
Dari beberapa pendapat di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Computer Vision merupakan salah satu disiplin ilmu komputer yang mempelajari tentang bagaimana pemahaman sebuah mesin atau komputer untuk dapat mengenali dan mengekstrak informasi dari objek/citranya untuk tujuan tertentu. Perpaduan bidang ilmu kecerdasan buatan dan ilmu komputer menjadikan computer vision sebagai salah satu disiplin ilmu yang sangat cerdas dan solutif dalam menggali informasi dari suatu gambar ataupun video digital.
 
Cukup sekian ya pembahasan Apa itu Computer Vison?
 
Terimakasih telah mampir, semoga bermanfaat artikel kepoilmu.com ini. Silahkan dishare ya dan ajak teman-temanmu mampir ke blog ini, dijamin pasti ada ilmunya hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *