Kepoilmu.com – Pendidikan merupakan hal yang wajib kita dapatkan agar kita bisa menjadi insan manusia yang baik dan bermanfaat bagi sekitar kita. Pada artikel kali ini, kepoilmu.com akan membagikan informasi mengenai apa saja jenjang pendidikan yang ada di Indonesia.
Image source: www.dprd-kaltimprov.go.id
Menurut UU RI No.2 Tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak bangsa dan negara. Melalui pendidikan suatu bangsa dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bangsanya.
Nah, apa saja jenjang pendidikan yang ada di Indonesia?
Berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, berikut ini adalah penjelasan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia:
  • Pada Bab VI pasal ke 17 menjelaskan bahwa jenjang pendidikan yang pertama adalah pendidikan dasar, ini merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun bentuk lainnya yang sederajat.
  • Pada Bab VI Pasal ke 18, jenjang pendidikan berikutnya adalah pada Pendidikan menengah yang merupakan lanjutan dari pendidikan dasar. Pendidikan Menengah terdiri dari dua jenis, yaitu pendidikan menengah umum dan kejuruan. Pendidikan menengah meliputi Sekolah Menenga Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), dan bentuk lainnya yang sederajat. 
  • Pada Bab VI Pasal ke 19, jenjang pendidikan yang terakhir adalah Pendidikan Tinggi. Jenjang ini merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh pendidikan tinggi (diselenggarakan dengan sistem terbuka). Pada pendidikan tinggi sendiri bentuknya adalah berbentuk akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas. Perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi wajib pula menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi).
Jenjang suatu pendidikan pada umumnya menjadi parameter untuk pendaftaran perkerjaan dan gajih kita. Semakin tinggi jenjangnya maka semakin tinggi pula gajih yang kita dapatkkan, tergantung pada jenis pekerjaan yang kita kerjakan.
Nah, kurang seperti itulah jenjang pendidikan yang ada di Indonesia.
Terima kasih telah mampir ya 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *