Kepoilmu.com – Salah satu kunci dalam komunikasi dan transaksi adalah keamanan. Hampir setiap website yang bergerak dibidang transaksi seperti perbankan ataupun perusahan besar lainnya memiliki sertifikat untuk mengamankan proses komunikasi dan transaksinya. Sertifikat yang dimaksud adalah sertifikat yang mengenkripsikan setiap data mereka pada sebuah website.


Image source: www.dictio.id

Nah, sertifikat seperti apakah itu?

Baik, pada artikel kali ini, kepoilmu.com akan berbagi sedikit pengetahuan tentang sertifikat yang mengamankan data pada sebuah website. Sertifikat itu biasa dikenal dengan nama SSL.

Nah apa itu SSL?

Menurut artikel tentang SSL di Komunitas eLearning IlmuKomputer.com, dijelaskan bahwa SSL merupakan protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain. Sertifikat ini terdiri dari kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandardisasi.

Senada dengan pendapat di atas, Hostinger menjelaskan bahwa Secure Sockets Layer, atau disingkat SSL, merupakan protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern untuk mengirimkan dan menerima informasi bersifat sensitif yang ada dan tersebar di seluruh internet.

Dari 2 pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa SSL (Secure Sockets Layer) merupakan protokol keamanan pada sebuah website guna menunjang keamanan komunikasi dan transaksi di internert, SSL dilengkapi dengan kumpulan data yang telah terenkripsi sesuai dengan standarisasi suatu website.

Jadi, kurang lebih begitulah pengertian dari SSL. Semoga bermanfaat ya, terimakasih sudah mampir, mampir lagi ya, mana tau betah hehe J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *