Kepoilmu.com – Kembali lagi sobat kepo, apakah sobat pernah mendengar kata “Website”? Sepertinya sudah tidak asing lagi ya. Nah, untuk membuat sebuah website ada banyak tools atau cara yang dapat digunakan. Salah satu toolsnya adalah dengan menggunakan framework. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, sebenarnya ada banyak macam dari suatu framework sobat. Ada yang gratisan (Open Source) dan ada jua yang berbayar.
Image source: www.bariskode.net
Bercerita tentang  framework, kali kepoilmu.com akan membahasnya sobat. Bahasannya adalah tentang salah satu framework php yang bersifat open source. Framework tersebut bernama CodeIgniter.

Singkat saja ya sobat, artikel kali ini dikutip dari salah satu website tentang Ilmu Komputer di Indonesia, yaitu Ilmu Komputer IND.

Langsung saja, nah apa itu CodeIgniter?
Menurut situs Ilmu Komputer IND, CodeIgniter merupakan sebuah web framework yang dikembangkan oleh Rick Ellis dari Ellis Lab. CodeIgniter dirancang untuk menjadi sebuah web framework yang ringan dan mudah untuk digunakan. Bahkan pengakuan dari Rasmus Lerdorf, pencipta bahasa pemrograman PHP, mengatakan bahwa CodeIgniter merupakan web framework mudah dan handal (Ilmu Komputer IND, 2016).

Menurut dokumentasi CodeIgniter, CodeIgniter merupakan toolkit bagi orang yang ingin membangun aplikasi web menggunakan PHP. Tujuannya adalah membuat pengembangan proyek menjadi lebidh cepat dibandingkan dengan menulis kode dari awal (scratch). CodeIgniter menyediakan kumpulan library untuk tugas – tugas yang sering dilakukan (commonly needed task) dan sangat mudah undtuk mengakses library yang tersedia di CodeIgniter. Dengan menggunakan CodeIgniter, kita cukup fokus pada pengembangan projek dan meminimalisir jumlah kode yang akan ditulis (Ilmu Komputer IND, 2016).

Nah, seperti itulah pengertian dari apa itu CodeIgniter sobat kepo. Next time, kita akan membahas apa saja sih sebenarnya fitur-fitur dari CodeIgniter, keunggulan dan cara kerjanya.
Terimakasih sudah mampir, God Bless You J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *