Kepoilmu.com – Hai-hai sobat kepo, welcome back to Kepoilmudotcom….
Pada kesempatan yang panas bedengkang siang ini, mimin akan mengupas ilmu keamanan jaringan, yakni mengenai sistem operasi yang paling aman digunakan saat ini, aman dari serangan virus/malware. Nah, Sistem Operasi (SO) apakah itu?
Image source techcaption.com

Yuk kepoin….
Dikutip dari situs Merdeka.com, terdapat 4 alterntif SO yang aman dari serangan virus, yaitu:
  1. Mac OS X
  2. Linux
  3. Chrome OS
  4. IOS dan Android

Urutan pertama diduduki oleh Mac OS X, karena minat para penjahat siber untuk menyerang Mac OS X lebih rendah. Penjahat cenderung akan membuat virus, worm, atau malware lainnya untuk menyerang Windows.
Linux menduduki urutan kedua. Jika dibandingkan dengan SO yang familiar digunakan saat ini (Windows), SO ini sangat rentan terkena serangan virus serta malware, justru kepopuleran SO Linux adalah untuk menangkal virus, sebab tidak ada virus yang didesain untuk menyerang Linux.
Berbeda dengan sumber di atas, situs hotnewsbatam.com memaparkan SO yang berkebalikkan dan sedikit berbeda, yaitu:
  1. Linux
  2. Mac OS X
  3. IOS
  4. Android

Bagaimana menurut sobat, masih bingung dengan SO yang paing aman digunakan?
Atau tambah bingung? Wkwk….
“Linux memang tidak diragukan lagi, merupakan sistem operasi yang paling aman yang bisa anda miliki saat ini. Seperti yang anda ketahui, OS gratis ini adalah bagian dari Open Source Software yang lengkap dan bebas untuk digunakan, dimodifikasi dan diedarkan. Yang diunggulkan Os ini adalah infrastruktur yang lebih baik dalam hal keamanan” papar Hotnews Batam.
Bagaimana dengan Mac OS X?
“Yang membuat Mac hebat adalah kerahasiaan kode dan kolaborasi perangkat keras-perangkat lunak. Hal ini tidak memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses root ke perangkat Mac. Berkat perizinan yang lebih ketat, malware tidak mudah masuk” Hotnews Batam.
Setiap orang mempunyai pendapatnya masing, kalau mimin lebih setuju dan sependapat dengan sumber yang kedua, seperti yang dipaparkan oleh situs Hotnews Batam.
Berdasarkan beberapa referensi yang telah ditelusuri, sistem operasi yang paling aman dari serang pihak yang tidak berwenang adalah Linux. Sistem operasi ini memiliki tingkat keamanan yang paling kuat, infrastruktur yang digunakan lebih baik dari OS lainnya, dan memiliki akses root yang sulit untuk ditembus malware.
Ini mimin perkuat alasannya, alasan mengapa Linux adalah yang paling aman:
Menurut hasil penelitian dan tulisan salah satu penggiat IT di ilmuti.org,
“Linux memiliki  tingkat  keamanan  dari  virus  yang  paling  kuat.  Bahkan  banyak orang  yang  menggunakan Linux sebagai  sistem  operasi  pembuat  virus. Mac OS pun  susah  untuk  terkena  virus.  Sedangkan Windows rentan  sekali  terkena virus” Zulkarnain.
Silahkan sobat nilai sendiri, sebab masing-masing  sistem  operasi  mempunyai  kekurangan  dan  kelebihan  didalamnya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *