Welcome back Sobat Kepo, di kesempatan yang sepi sunyi akibat wabah ini, Mimin Kepoilmudotcom akan mengupas materi terkait keamanan dan privasi yang ada di Google Chrome, dalam bahasa Inggrisnya itu Privacy and Policy ya Sobat. Menu tersebut merupakan satu diantara menu untuk kebutuhan user dalam menggunakan Google Chrome.

Image source: www.doanhnhanplus.vn

Era 4.0 ini merupakan era yang serba digital, segala sesuatu yang ada di internet dapat dengan mudah dan cepat diakses. Kelonggaran dan kemudahan tersebut memerlukan fitur keamanan untuk menjaga akses user yang ingin menyelinap masuk. Nah, masalah tersebut membuat Google menginisiasikan fitur keamanan dan privasi Sobat.
Nah Sobat, berikut ini adalah penjelasan dari fungsi-fungsi pada menu Privacy dan Security Home di Google Chrome:
  • Gunakan layanan web untuk membantu mengatasi kesalahan navigasi. Pada layanan web service ini, digunakan ketika user tidak dapat terhubung ke halaman web, user bisa mendapatkan saran untuk halaman lain seperti yang user ingin jangkau. Selanjutnya, Chrome akan mengirimi Google alamat web dari laman yang user ingin jangkau untuk menawarkan saran.
  • Gunakan layanan prediksi untuk membantu melengkapi penelusuran dan URL yang diketik di bilah alamat. Layanan web service ini digunakan sebagai saran yang berdasarkan pada penelusuran web terkait, riwayat penelusuran user, dan situs web yang populer. Jika mesin penelusuran (Google) bawaan user menyediakan layanan saran, maka peramban mungkin mengirim teks yang user ketikkan di bilah alamat ke mesin telusur.
  • Gunakan layanan prediksi untuk memuat halaman lebih cepat. Pada layanan service web ini, browser menggunakan alamat IP untuk memuat halaman web. Ketika user mengunjungi laman web, Chrome dapat mencari alamat IP dari semua tautan laman dan memuat tautan yang mungkin user arahkan ke yang berikutnya. Jika user mengaktifkan pengaturan ini, situs web dan konten tertanam apa pun yang dimuat sebelumnya dapat mengatur dan membaca cookie mereka sendiri seolah-olah user telah mengunjunginya walaupun ketika user tidak melakukannya.
  • Secara otomatis mengirim beberapa informasi sistem dan konten halaman ke Google untuk membantu mendeteksi aplikasi dan situs berbahaya. Jika User mencentang kotak, Chrome secara berkala akan mengirim beberapa informasi sistem dan konten halaman ke Google sehingga kami tahu tentang ancaman apa pun yang User hadapi. Chrome juga akan mengirimkan data ini kapan saja User mengunjungi situs yang mencurigakan. Pelajari lebih lanjut tentang data apa yang membantu Chrome menjadi lebih baik dalam memblokir unduhan yang buruk dan mendeteksi malware.
  • Lindungi User dan perangkat User dari situs berbahaya. Dapatkan lansiran instan setiap kali Chrome melihat bahwa situs web yang User tuju bisa berbahaya. Saat User mengunjungi situs web, Chrome memeriksa situs web yang tersimpan di komputer User yang diketahui buruk. Jika situs web cocok dengan apa pun yang ada dalam daftar, browser User mengirim sebagian salinan alamat ke Google untuk mencari tahu apakah user mengunjungi situs yang berisiko. Pelajari lebih lanjut tentang perlindungan Penjelajahan Aman.
  • Otomatis kirim statistik penggunaan dan laporan kerusakan ke Google. Bantu kami memprioritaskan fitur dan peningkatan yang harus kami kerjakan dengan memungkinkan Chrome mengirim statistik penggunaan dan laporan kerusakan ini secara otomatis ke Google.
  • Kirim permintaan “Jangan Lacak” dengan lalu lintas penjelajahan User: User dapat menyertakan permintaan “Jangan Lacak” dengan lalu lintas penjelajahan User. Namun, banyak situs web masih akan mengumpulkan dan menggunakan data penjelajahan User untuk meningkatkan keamanan, menyediakan konten, layanan, iklan, dan rekomendasi di situs web mereka, dan menghasilkan statistik pelaporan.
  • Gunakan layanan web untuk membantu mengatasi kesalahan ejaan. Layanan ini digunakan sebagai teknologi pemeriksa ejaan yang sama di Chrome sebagai Google Search. Chrome mengirim teks yang user ketikkan ke server Google.

Bagaimana sobat….????

Semoga dapat menambah pengetahuan kamu yah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *