Welcome back Sobat Kepo….
Apakah Sobat pernah mendengar kata “Peta” ?
Sobat tahu bagaimana sejarah munculnya Peta….????
Peta merupakan satu diantara penemuaan manusia yang tak ternilai harganya, karena peta membuat kita dapat mengenal lebih isi bumi ini, mengetahui lokasi suatu tempat yang jaraknya jauh dari kita.
Sebelum mengupas tentang apa itu peta dan apa saja manfaatnya, ada baiknya kita telusuri dulu bagaimana sejarahnya ya Sobat.

Sejarah Munculnya Peta

Sobat, pembuatan peta sendiri telah dikenal oleh manusia sudah lama sekali, yaitu sejak sebelum Masehi Sobat. Nah, peninggalan dari hasil karya manusia di waktu itu terkait pembuatan peta masih ada sampai sekarang, Sobat dapat melihatnya secara langsung di Museum Harvad Amerika Serikat. Peta-peta peninggalan tersebut berupa tablet tanah liat peninggalan bangsa Baabilonia, Mesir, dan Cina.
Pada awalnya, pembuatan peta didasarkan oleh kekhawatiran mereka akan hilangnya tanda tanah yang mereka miliki akibat terbawa banjir. Selain itu, kecerdikan orang-orang Mesir yang tinggal di Lembah Sungai Nil dimasa itu adalah memetakan tanah mereka yang subur dengan mengabadikan dan menggambarkan letak tanah mereka di atas tanah liat yang dibakar.
Selanjutnya, pembuatan peta mencapai puncakknya ketika Cristoper Colombus menemukan Benua Amerika pada tahun 1492. Colombus sendiri menggunakan Peta Claudius Ptolemeus, peta buatan ahli Kartografi yang hidup pada abad ke-3. 
Walaupun kebanyakan dari peta pada masa itu terbilang kurang keakuratannya, namun peta karya mereka tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengapa demikian? karena salah satu karya Sebastian Munster, seorang ahli Kartografi Jerman yang dibuat pada tahun 1450 sudah mampu menggambarkan Benua Afrika seperti bentuk aslinya, seperti yang kita lihat dipeta-peta sekarang ini.

Image Source: www.katamutiara.com

Peta buatan Piri Reis, Tokoh Muslim Dunia

Peta di Era Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masuk (Peta Modern)

Nah Sobat, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama saat setelah ditemukannya buku geografi tua karya Claudius Ptolemeus, munculnya teknik cetak grafir (teknik tatah) dan juga didukung dengan masa keemasan dunia pelayaran-pelayaran dalam menemukan daerah-daerah baru, kartografi mengalamai masa yang cerah. Sehingga pada masa tersebut, muncullah kreativitas dan karya baru dalam pembuatan peta, yaitu peta yang dibuat oleh Berdhaus Mercator; kemudian karya Abraham Ortelilius pada 1570 yang membuat atlas modern seperti yang kita kenal hingga sekarang ini; dan kemudian disusul dengan peta-peta dekoratif karya Season pada abad ke-17.
Untuk di Indonesia sendiri, pembuatan peta bermula pada abad ke-18 ketika masa Pemerintahan Hindia Belanda. Pada masa itu, tujuan dari pembuatan peta tersebut adalah untuk mengetahui tempat-tempat di Indonesia dan menguasainya.
Nah, begitulah kurang lebihnya pengetahuan tentang Sejarah Munculnya Peta ya Sobat. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu yah….
Tentu muncul pula pertanyaan dibenak hati kamu, siapa penemu peta pertama, apa saja jenis dan manfaatnya kan Sobat?
Nantikan diartikel berikutnya ya Sobat….
Terimakasih sudah meluangkan waktunya Sobat….
Sumber referensi: Buku Teknik Membaca Peta dan Kompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *