Halo Sobat Kepo, selamat datang kembali di Kepoilmudotcom. 

Pada artikel kali ini, Mimin akan membahas tentang kolestrol ya sobat. Tentu kamu sudah pernah mendengar kata tersebut bukan?

Nah, jika sudah mendengar, apakah sobat tahu apa itu kolestrol? Sobat pasti tahu, simak artikel berikut sampe selesai ya sobat, biar makin tahu dan bertambah pengetahuannya.

Gambar: Info Berita Terbaru

Pengantar tentang Kolestrol

Sobat, menurut hasil penelitian Yoeantafara pada jurnal penelitiannya; salah satu penyebab munculnya penyakit tekanan darah tinggi atau yang akrab kita kenal dengan nama hipertens adalah akibat lemak kolestrol yang menumpuk di pembuluh darah. 

“Tingginya kadar kolesterol di dalam darah merupakan permasalahan yang serius karena merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai macam penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, dan diabetes mellitus,” tulis Yoeantafara dalam jurnal penelitiannya.

Hasil penelitian Maryati pada tahun 2017 yang membahas hubungan antara kadar kolestrol dengan tekanan darah penderita hipertensi juga menyebutkan bahwa kolesterol tinggi dalam darah berhubungan dengan tekanan darah tinggi, hubungan tersebut ditunjukkan pada penyempitan dan kakunya dinding pembuluh darah akibat dari penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, masalah tersebut dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. 

Pentingnya menjaga Kolestrol

Berdasarkan beberapa permasalahan di atas, dapat kita ketahui bahwa kadar kolestrol dalam darah dan tubuh sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga agar kolestrol tersebut tidak mengancam pembuluh darah dan kesehatan kita. Nah, dijaga ya kadar kolestrolmu sobat; agar kamu tidak mudah terkena penyakit.

Pengertian Kolestrol

Secara umum, kolestrol diartikan sebagai zat lemak yang dibuat dalam hati dan hasil lemak jenuh dalam makanan. 

Menurut Listiyana dalam artikel Jurnal Kesehatan Masyarakat (2013), kolesterol merupakan zat alamiah dengan sifat fisik berupa lemak tetapi memiliki rumus steroida. Kolesterol berfungsi untuk membangun dinding dalam membran sel tubuh, bahan pembangun esensial bagi tubuh untuk sintesis zat-zat penting seperti membran sel dan bahan isolasi sekitar serat saraf. Selain itu, kolestrol juga berperan penting dalam memproduksi begitu pula hormon kelamin (seks), anak ginjal, vitamin D, asam empedu, dan berperan penting dalam menjalankan fungsi saraf dan otak.

Nah Sobat, pengaruh pola konsumsi makanan yang berlebihan merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya kolestrol dalam darah. Kolesterol secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. 

Namun ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani seperti daging ayam, usus ayam, telur ayam, burung dara, telur puyuh, daging bebek, telur bebek, daging kambing, daging sapi, sosis daging, babat, ampela, paru, hati, bakso sapi, gajih sapi, susu sapi, ikan air tawar, kepiting, udang, kerang, belut, cumi-cumi (Listiyana, 2013). 

Hasil penelitian Listiyana menunjukkan bahwa faktor lainnya yang mempengaruhi meningkatnya kadar kolestrol dalam darah adalah obesitas (kegemukan) sentral, merokok dan kurangnya aktivitas olah raga.

Sekian pembahasan tentang apa itu kolestrol sobat, semoga dapat menambah pengetahuanmu yah….

Artikel di atas masih belum lengkap, nantikan diartikel selanjutnya ya sobat, akan dikupas lagi bagaimana proses terjadinya hingga cara pencegahannya sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *