Halo Sobat Kepo, welcome back di Kepoilmudotcom ya Sobat….
Nah, artikel sekarang ini masih tentang peta; pada artikel sebelumnya sejarah dan cara pembuatannya sudah kita kupas Sobat. Untuk kamu yang ketinggalan dan belum membacanya, baca di sini ya Sobat.
Secara umum, peta diartikan sebagai gambaran suatu denah atau lokasi ya Sobat. Nah, agar lebih lengkap dan pengetahuan Sobat menjadi semakin luas; yuk disimak arti peta dari buku dan para ahli berikut ini:
Image source: www.abudancethebook.com

Pengertian peta menurut Buku “Teknik Membaca Peta dan Kompas” (Ir. N.S Adiyuwono, 2008):

  • Peta merupakan gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diproyeksikan dalam 2 dimensi pada bidang data dengan metode dan perbandinga tertentu.
  • Peta adalah suatu presentasi di atas bidang datar baik seluruh atay sebagian permukaan bumi yang dilihat dari atas dan diperkecil dengan perbandingan tertentu.
  • Peta adalah sebuah gambar suatu daerah yang dapat dibayangkan seolah-olah kita melihat daerah itu dari udara. Gambar-gambar pada peta memperlihatkan adanya hutan, lapangan, jalan, sungai, dan kota.
  • Peta merupakan gambar seluruh atau sebagian ari permukaan bumi yang dilukiskan ke suatu bidang datar dengan perbandingan tertentu yang dinamai kedar/skala.

Peta Menurut Para Ahli

Sobat, berikut pengertian peta menurut beberapa ahli:

  • Erwin Raisz (1948)
    Peta adalah suatu gambaran konvensional dari penampakan muka bumi yang diperkecil dan digambar pada suatu bidang datar dengan banyak penambahan-penambahan tulisan sebagai penjelasnnya.

  • Soetarjo Soerjosumarmo
    Peta merupakan sebuah lukisan sebagian atau seluruh permukaan bumi dengan menggunakan tinta dan diperkecil dengan perbandingan ukuran tertentu yang dinamakan dengan skala.
  • F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson
    Peta merupakan suatu rakitan terpadu atau sintesa dari empat macam infomasi, misalnya garis, titik, nama, dan wilayah yang ditulis dengan berbagai istilah, diantaranya ciri, liputan, ketebalan simbul, bentuk, pola, ukuran, dan lainnya. Batasan-batasan tersebut merujuk pada segi analisa keruangan aspek persebaran data dan juga penamaan geografinya dan teknik penetapan simbul.
  • Aryono Prihandito (1988)
    Peta merupakan suatu gambaran permukaan bumi dengan memakai skala tertentu yang digambar pada sebuah bidang datar dengan melalui sistem proyeksi tertentu.
  • ICA (International Cartographic Association)
    Peta ialah suatu gambaran dari unsur-unsur ketampakan permukaan bumi yang abstrak dan mempunyai kaitan dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang digambar pada bidang datar dan yang diperkecil.
  • Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL 2005)
    Peta merupakan tempat penyimpanan dan penyajian data-data kondisi lingkungan, dan juga adalah sebuah sumber informasi bagi masyarakat untuk merencanakan dan mengambil keputusan dalam tahap pembangunan. Berdasarkan pendapat – pendapat para ahli mengenai peta di atas tadi, dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari sebuah peta ialah gambaran atau lukisan permukaan bumi yang diperkecil dan mempunyai beberapa informasi penting yang disimbolkan dengan simbol – simbol tertentu.
Nah, berdasarkan beberapa pengertian di atas; Sobat tentu dapat menyimpulkan pengertiannya. Beberapa definisi di atas juga dapat saling melengkapi dan memperjelas kesimpulan kita ya Sobat.
Nah, kalau menurut Mimin Kepoilmudotcom; peta itu adalah gambaran suatu area/daerah yang dibuat dengan metode pemetaan, digambarkan pada suatu bidang datar dengan adanya simbol-simbol tertentu dan gambaran dari hasil pemetaannya diperkecil dengan perbandingan (skala) tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *