Sobat Kepo, apakah kamu tahu bahwa di era digital saat ini implementasi ilmu komputer dan  pemrograman pada khususnya sangat dibutuhkan lohhh. Saat ini pula sudah banyak perusahaan IT membuka lowongan pekerjaan untuk mereka yang mahir di bidang tersebut. Tapi lowongan tersebut hanya terbuka untuk mereka yang memiliki skill di bidang itu saja ya sobat. 

Eitt jangan berkecil hati dulu sobat, jika kamu tidak menempuh pendidikan secara formal di bidang tersebut bukan berarti kamu tidak berpeluang untuk kerja di perusahaan IT ya sobat. Kamu bisa belajar koding secara otodidak kok, saat ini sudah banyak kursus yang bisa kamu ikuti, bahkan kamu juga bisa belajar koding sendiri dari rumah tanpa harus mengikuti kursus, yakni melalui situs-situs website belajar koding (program).

Nah, websitenya itu apa saja?

7 Rekomendasi Website untuk Belajar Koding

1. CodeAcademy 

Gambar: Niaga Hoster

Code Academy merupakan website belajar coding online yang sangat cocok untuk kamu yang baru mulai belajar coding sobat. Web tersebut menyediakan pembelajaran untuk tingkatan pemula sampai dengan tingkatan yang expert. Nah, di situ tidak hanya ada bahan pembelajaran saja, sobat juga bisa belajar dengan mengisi kuis-kuisnya; soal-soal kuis tersebut dapat menjadi tolak ukur sobat dalam memahami materi yang sedang dan sudah dipelajari.

CodeAcademy memberikan kesempatan kepada sobat untuk belajar pemograman HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, dan Ruby. Nah, menariknya, sampai dengan saat ini sudah lebih dari 45 juta pengguna yang menggunakan layanan tersebut sobat. 

2. W3school

Website yang kedua ialah W3school sobat. Web ini sangar cocok untuk kamu yang lebih suka cara belajar coding dasar dengan metode praktek langsung sobat. Nah, website ini juga menyediakan compiler online fungsinya untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sehingga sobat bisa belajar dan sekaligus mempraktekan materinya.

Adapun bahasa pemograman yang disediakan di website ini adalah bahasa pemograman yang biasa digunakan dalam pembuatan website, seperti JavaScripts, AngularJS, dan beberapa bahasa pemograman lainnya.

3. CodeWars 

Untuk sobat yang sangat suka dengan sebuah tantangan, CodeWars adalah pilihan yang untuk sobat belajar koding. CodeWars sendiri memberikan pembelajaran dengan metode kode Kata, dengan seni latihan yang berulang. 

Sobat, apabila semakin tinggi tingkatanmu dalam belajar di CodeWars, maka kamu akan mendapatkan tantangan yang lebih sulit, disini sobar juga bisa membuat kata-kata sendiri yang nantinya dapat diselesaikan orang lain dan sobat juga dapat berdiskusi dengan mereka apabila sudah selesai.

4. Free Code Camp

Free Code Camp ini merupakan satu diantara website belajar coding yang saat ini masih berkembang sobat. Website ini menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya.

Ada juga panduan Coding Interview Preparation yang bisa sobat gunakan untuk persiapan sebelum melakukan wawancara coding, disini sobat juga dapat mengambil sertifikasi bahasa pemograman, sobat tinggal memilih bahasa apa yang mau sobat kembangkan dan ambil sertifikasinya.

5. HackPlegde()

HackPlegde() bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa sobat coba untuk  belajar kodingHackPlegde() menyediakan wadah bagi para developer untuk berkumpul berbagi informasi satu sama lain. Selama satu jam sobat bisa menjadi mentor sekaligus mencoba mendiskusikan permasalahan Anda dengan pengguna lain dengan berkomunikasi secara langsung. Seperti slogannya “Mentor the next generation of developers or learn from the best and master your craft“.

Hack.pledge() merupakan bagian dari Hack(dot) lainnya, hack.summit()hack.hands(), dan hack.vc().

6. Coursera

Coursera adalah website yang didirikan sejak tahun 2012 oleh dua orang profesor Stanford Computer Science, Amerika. Mereka ingin membagikan ilmu dan kemampuannya untuk dunia agar dapat diakses oleh banyak orang.

Sobat, saat ini website tersebut menyediakan banyak sekali tutorial mulai dari bisnis, seni, matematika, dan banyak jenis lainnya. Tidak terkecuali tutorial untuk belajar coding juga disediakan di website ini; mulai dari pemograman dasar sampai dengan expert bisa sobat temukan. Termasuk jika sobat ingin mencari sertifikat secara online.

Tapi, sayangnya tidak semua kursus gratis, sobat harus membayar untuk masuk ke beberapa materi khusus tertentu. Website ini juga mempunyai banyak kursus gratis yang bisa sobat coba untuk memulai belajar koding.

7. Udemy 

Udemy menyediakan layanan yang sangat lengkap loh sobat; mulai dari kursus kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi dan banyak lainnnya.

Situs ini mirip dengan Coursera yang juga menyediakan layanan yang sama. Tinggal dimana sobat menemukan kenyamanan untuk belajar coding php dan pemograman lainnya sesuai dengan tipe belajar Anda.

Sama halnya dengan situs web yang lainnya, website ini juga tidak semuanya gratis akan tetapi sobat bisa mencari kursus yang free sehingga bisa memulai belajar tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. 

REFERENSI ARTIKEL DI ATAS: SITUS WEB NIAGAHOSTER

Sekian dulu ya sobat, terimakasih sudah mampir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *