Halo, welcome back sobat kepo.

Pendidikan itu sangat penting..!!

Sobat pasti sepakat bukan dengan pendapat tersebut?

Pendidikan itu adalah aset masa depan ya sobat, sebab dengan pendidikan pekerjaan ataupun kehidupan kita dimasa mendatang sudah pasti terjamin, tapi itu hanya untuk mereka yang rajin dan mau bekerja saja ya sobat.

Jenjang pendidikan di Indonesia cukup banyak ya sobat, mulai dari Paud, TK SD, hingga pergururan tinggi. Baca ulasan lebih lengkapnya mengenai apa saja jenjang pendidikan di Indonesia  saat ini.

Bicara tentang melanjutkan pendidikan, sobat pasti ingin tembus sampai tingkat perguruan tingg bukan?

Nah, untuk dapat melanjutkan diri ke jenjang perguruan tinggi; Pemerintah Indonesia sendiri menyediakan beberapa jalur untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri sobat. Ada jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan ada juga jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri).

Sobat dapat membaca ulasan tentang apa itu SNMPTN, kliktautan ini. Baca juga syarat-syarat pendaftaran SNMPTN.

Baik sobat, kembali ke jalur tadi. Masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN saat ini tidak lagi melewati jalur tertulis ya sobat, melainkan menggunakan komputer; yaitu UTBK.

Nah, apa itu UTBK?

Ilustrasi UTBK, gambar: ruangmahasiswa.com

Dilansir dari situs resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Kemendikbud Indonesia, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

“Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta yang banyak dan waktu yang cepat  serta hasil tes diberikan secara individu. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun,” tulis LTMPT pada laman profilnya.

Sobat,  UTBK merupakan syarat utama untuk jalur SBMPTN ya.

“Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN” tulis LTMPT.

Tujuan UTBK

Nah, dilaksanakannya UTBK tentu ada tujuannya tuh sobat. Apa saja itu?

Berikut tujuan dilaksanakannya UTBK, dikutip dari situs LTMPT:

  • Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu.
  • Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Sekian dulu artikelnya sobat, semoga dapat menambah pengetahuanmu yah….

Good luck untuk perjuangan pendidikanmu sobat.

Baca juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *