Sobat Kepo, apa pengertian Social Engineering? Bagi mereka yang mendalami ilmu komputer dan jaringan tentu sudah akrab dengan kata tersebut. Beda dengan kita yang awam. Nah, apa sih sebenarnya Social Engineering itu?

Pengertian Social Engineering

Untuk kamu yang belum paham dengan istilah tersebut, jangan khawatir ya Sobat. Mimin bantu kamu dengan paparan artikel ini. Berikut ini pengertian Social Engineering yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Menurut Buku “Trik Bobol Jaringan Wireless, Cara Mudah Mendapatkan Wifi Gratis”, Social Engineering merupakan nama dari suatu teknik pengumpulan informasi dengan memanfaatkan celah psikologi korban. Saat menjalankan tugasnya, biasanya pelaku Social Engineering mengeksekusi targetnya dengan penuh kesabaran dan kehatia-hatian agar targetnya tidak curiga.
  2. Menurut klikhost.com, Social Engineering merupakan kegiatan untuk mendapatkan informasi rahasia/penting dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. Social engineering sendiri pada umumnya dilakukan via telepon dan Internet. Lebih lengkapnya, klikhost.com menjelaskan bahwa Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu. 
  3. Menurut CERT-UK dalam penelitian mereka yang berjudul “An introduction to social engineering,”  Social Engineering merupakan salah satu jenis serangan yang paling efektif dan paling produktif untuk mendapatkan informasi dengan cara masuk ke dalam suatu sistem yang memiliki mekanisme keamanan rumit.
Apa itu Social Engineering

Sumber Gambar: Freepik

Silahkan Sobat simpulkan sendiri ya apa arti dari kata “Social Engineering” tersebut. Sobat Kepo harus pandai dalam menyaring informasi dan pesan yang masuk bila kedua hal tersebut berasal dari orang yang tidak kita kenali. Pada umumnya, target yang akan dijadikan korban adalah mereka yang rutinitas hariannya berhubungan dengan internet dan komputer.

Prinsip Social Engineering

Social Engineering seringkali menipu korban pilihannya dengan teknik interaksi sosial dan manusiawi. Prinsip dari Social Engineering adalah seni memaksa. Pemaksaan yang ditujukan kepada korban tidak dilakukan secara terang-terangan. 

Prinsip Social Engineering sama seperti prinsip dunia keamanan jaringan, begini bunyinya “The strength of a chain depends on the weaknest link”. Bila diterjemahkan, artinya ialah “Kekuatan sebuah rantai tergantung dari atau terletak pada sambungan yang terlemah”.

Sekian artikel tentang pengertian Social Engineering dan prinsip-prinsipnya ya Sobat, semoga bermanfaat..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *