Mustahil seorang manusia tak pernah galau, sudah menjadi keniscayaan dan kepastian bahwasanya setiap insan manusia mengalami kegalauan. Sobat Kepo juga demikian, pasti pernah merasa galau bukan..??

Arti Kata Galau

Galau memiliki arti yang sangat luas. Menurut KBBI, galau diartikan kacau pikiran, bimbang, bingung, cemas dan gelisah. Sama halnya dengan pendapat dari teori psikoanalisis Sigmund Freud, galau muncul dari alam bawah sadar manusia akibat kecemasan/kekacauan jiwa yang dialaminya. Lantas, secara spesifiknya apa sih penyebab galau itu datang.

Sumber: www.lifestyle.bisnis.com/

Sebentar Sobat, saat ini galau identik ditujukan bagi mereka yang bermasalah dalam hubungan percintaannya, mulai dari putus cinta, pupus harapan mengejar si calon doi, galau di tikung teman, gagal move on dengan memori kenangan yang terus mencuat, galau karena badai rindu, dan masih banyak lagi Sobat. Ada satu hal yang perlu Sobat ketahui dan ingat betul, galau itu hubungannya tidak hanya dengan masalah cinta ya Sobat; masalah-masalah lainnya juga dapat memicu manusia galau.

Penyebab Muncul Rasa Galau

Nah, kepo pasti kan apa saja pemicu galau datang..??

Berikut adalah 7 penyebab galau yang Kepoilmudotcom rangkum dari sudut pandang Psikolog dan beberapa literatur terkait:

1. Kurang Iman

Sobat Kepo pasti pernah sewaktu-waktu merasa kurang imannya ya? Hayo, ini dirasain oleh semua manusia kok Sobat; jadi jangan khawatir. Kurang iman tersebut tentu sekali-kali mendatangkan pikiran cemas dan galau Sobat, jadi jika kamu merasakan kegalauan itu; segera buang pikiran tersebut ya Sobat. 

Ada rekomendasi dari artikel yang Kepoilmudotcom telusuri ni Sobat; artikel tersebut menyarankan kita yang di landa galau untuk segera menenangkan pikiran dan mengingat Tuhan, mengingat janji dan kasih-Nya.

“Saat tengah dirundung perasaan galau, segera tenangkan pikiran dengan cara berusaha mengingat Tuhan dan senantiasa ingat akan janji-Nya, bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dan tidak ada cobaan dari Tuhan melainkan telah disesuaikan dengan kemampuan setiap hamba-Nya. Jika seseorang tidak memiliki rasa iman yang kuat, maka ia akan mudah putus asa dan hal itu menjadi penyebab perasaan galau menurut psikologi,” tulis DosenPsikologi.com

2. Kecemasan dalam Ruang Jiwanya
Siapa sih yang tak pernah cemas? Alien mungkin iya, Sobat sudah pasti pernah merasakannya. Insan manusia mana yang bisa lepas dari kecemasan? Sepertinya, hanya manusia yang akan tinggal di surga yang bakalan begitu. Kecemasan dalam ruang jiwa sepatutnya kita hindari dan sudah seharusnya kita buang jauh-jauh kata/perasaaan tersebut.

Lantas, adakah cara untuk menghilangkan rasa cemas itu? 
Sebenarnya tiap insan manusia punya caranya masing-masing; ada yang menghibur diri, ada yang menepi dan menyendiri. Ingat kutipan dari ruangobrol.id ini ya Sobat, antisipasilah kecemasan tersebut.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah bagaimana mengantisipasinya agar kecemasan tersebut tidak berlebihan dan menimbulkan efek negatif serta tidak menyebabkan penyebab perasaan galau,” tulis redaksi ruangobrol.

3. Tidak Mampu Mengontrol Pikirannya
Manusia yang tidak mampu mengontrol pikirannya akan berujung kecemasan dan mendatangkan kegalauan, hingga berakhir pada stress. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah tenangkan dulu pikiran Sobat, berdoa dan meminta petunjuk ke yang kuasa, kemudian tata ulang hal-hal yang menjadi prioritas pikiran Sobat.

4. Masalah Cinta/Asmara
Seperti yang sudah di singgung di awal artikel tadi, masalah cinta memang masalah umum yang sangat identik dengan kegalauan. Galau dominan ditujukan bagi mereka yang bermasalah dalam hubungan percintaannya, mulai dari putus cinta, pupus harapan mengejar si calon doi, galau di tikung teman, gagal move on dengan memori kenangan yang terus mencuat, galau karena badai rindu, dan masih banyak lagi Sobat. 

Nah, bagaimana sih caranya mengatasi kegalauan dalam masalah cinta/asmara..??
Singkatnya; ya kita harus berhenti memikirkan masalah tersebut, pikirkan hal-hal penting lainnya, sebab hidup ini tidak hanya tentang cinta ya Sobat. Ulasan lengkap mengenai caranya nanti Kepoilmudotcom ulas di artikel selanjutnya ya Sobat.

5. Sedang Banyak Masalah dan Menghadapi Hal Berat
Saat sedang didatangi badai masalah yang banyak dan dihadapkan dengan hal-hal berat dalam pikirannya, manusia pasti akan galau. Kecemasan dan ketakutan akan beban masalah tersebut akan memicu galau tingkat dewa bagi mereka yang mengalaminya, bisa stres akut.

Solusi terbaik untuk masalah tersebut adalah Sobat harus segera menghilangkan beban masalah tersebut, satu persatu ya Sobat. Percayalah, usaha sobat akan di bantu oleh Allah Yang Maha Besar, sebab ia jauh lebih besar dari tiap masalah yang menghantui manusia.

6. Di Landa Kebingungan
Kalau sudah bingung, tentu menambah beban pikiran yang berujung pada kegalauan.
Sebagian individu ada yang gemar memikirkan sesuatu yang di luar batas kemampuannya sehingga pada akhirnya punya banyak pikiran yang tidak menentu yang tidak jelas ujungnya.  Hal hal yang dipikirkan dengan serius kebanyakan tidak mampu ditindaklanjuti dengan baik sehingga seperti individu yang selalu kebingungan dan menjadi penyebab perasaan galau menurut psikologi,” sebut DosenPsikologi.com. 

Jangan sampai banyak pikiran ya Sobat, hati-hati nanti stres akut.

7. Kurang Bersyukur 
Hayo, siapa yang dalam hidupnya masih merasa kurang bersyukur?
Buang jauh ke laut ya perasaan itu Sobat..!!
Bila manusia kurang bersyukur, akhir dari perasaan yang menabraknya tentu adalah perasaan galau. Mereka yang demikian akan selalu merasa kurang dan kesusahan karena mereka tidak melihat kesusahan manusia lainnya di luar kehidupannya.

Bila kita masih merasa kesusahan, coba lihat hidup manusia lainnya yang lebih susah dari kita. Barangkali itu akan menjadi alarm kita untuk terus bersyukur Sobat.

Sekian ya artikelnya Sobat, semoga dapat menambah ilmu dan pengetahuanmu. Jangan lupa di-share bila kamu merasakan manfaat artikel ini hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *