Sobat Kepo, sudah 2 hari Naruto jadi trending topics di Twitter. Naruto mati, penggemarnya berduka. Film anime yang menceritakan perjuangan hidup Naruto itu sontak menarik perhatian pubklik dunia karena kematian tokoh utamanya.

Setiap film tentu punya pesan moralnya masing-masing, lantas apa saja pesan moral yang dapat kita ambil dari kisah Naruto itu..??

Kisah Naruto

Di lansir dari Wikipedia Indonesia, Naruto (ナルト) adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Serial ini didasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump Agustus 1997.


Pesan Moral yang tersirat dalam Film dan Tokoh Utamanya (Naruto)

Perjuangan hidup Naruto menjadi semangat dan motivasi para penggemarnya dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya.

Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa nilai moral yang tersirat dalam cerita Naruto disuguhkan kompleks, baik itu secara eksplisit berupa percakapan maupun secara implisit berupa riwayat dan tingkah laku tokoh-tokohnya.

Dalam serial anime tersebut, Naruto kecil merupakan seorang anak yatim piatu yang dikucilkan dan tidak memiliki teman karena terdapat rubah berekor sembilan yang disegel di tubuhnya. Menariknya, ia sering berbuat onar di desanya agar diperhatikan banyak orang. Namun, pemikirannya berubah ketika ia beranjak dewasa.

“Ia adalah orang yang pantang menyerah, selalu berusaha dan berjuang untuk menggapai impiannya menjadi orang yang diakui keberadaannya oleh semua penduduk desa Konoha, dengan meraih gelar Hokage. Diceritakan pula tokoh-tokoh lainnya. Kakashi, yang kehilangan ayah dan teman-teman satu timnya; Sasuke, yang seluruh anggota keluarganya dibunuh; Gaara, yang dibenci oleh semua orang di desanya bahkan oleh keluarganya sendiri; Iruka, yang orang tuanya terbunuh Kyuubi, Nagato yang orangtuanya dibunuh akibat perang dan masih banyak yang lain,” tulis Wikipedia Indonesia.

Berikut beberapa nilai moral kehidupan tersirat di dalam anime manga Naruto yang di kutip dari Wikipedia Indonesia:

  • Menggambarkan kasih sayang yang tulus, berusaha jujur dan percaya pada diri sendiri.
  • Berjuang mempertahankan persahabatan dan perdamaian.
  • Menggambarkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang tinggi.
  • Menggambarkan pentingnya kerjasama, menghargai, menghormati, dan menolong sesama.
  • Mengajarkan untuk mendahulukan kepentingan umum dalam kebenaran.
  • Jika diperhatikan, terdapat banyak kata-kata bijak di dalamnya. Contoh:

“Bukan karena menjadi Hokage maka semua orang akan mengakuimu, tetapi ia yang diakui yang akan mampu menjadi Hokage”

~ Itachi kepada Naruto

“Nilai persaingan sangat menonjol, diisi dengan persaingan antara Naruto dengan Sasuke, Kakashi dengan Guy dan Obito, Sakura dengan Ino, Jiraiya dengan Orochimaru, dan lain-lain,” tulis Wikipedia Indonesia.

Artikel lainnya di Dictio, yang di tulis oleh Sofie juga mengupas tentang pesan moral yang terkandung dalam film Naruto. Ia menyebutkan bahwa banyak pesan moral tersebut muncul dari figur karakter utamanya. Pesan moral tersebut diantaranya adalah:

  • Naruto yang selalu mengajarkan agar kita jangan pernah meremehkan orang lain.
  • Figur Naruto juga mengajarkan agar kita selalu berusaha pantang menyerah menggapai cita-cita / impian.
  • Mengajarkan kita untuk selalu memegang ikatan pertemanan, persahabatan ataupun persaudaraan (terlihat melalui hubungan rivalitas Naruto – Sasuke, atau Shikamaru dan Choji serta Sakura dan Ino).
  • Naruto juga memberi pelajaran pada kita, jika menyimpan dendam itu tidak memberikan manfaat.

“Salah satu serial film dari naruto adalah Naruto the Movie Road to Ninja terdapat nilai-nilai moral menjadi lebih detail dan lebih berwujud seperti nilai percaya diri, nilai berani, nilai daya juang, nilai cinta kasih orang tua dengan anaknya, nilai kesetiakawanan, nilai bertanggung jawab, dan nilai tolong menolong,” tulis Adiguna Candra di Dictio.

Bagaimana Sobat..??

Semoga pesan-pesan moral di atas yang sudah Mimin tebalkan tulisannya itu dapat menjadi bekal kita di kehidupan nyata ini ya Sobat, Amin….

Image source: www.animefillerguide.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *