Sobat Kepo, organisasi adalah roda penggerak dan pencetak sumber daya manusia yang kompeten. Setiap tahunnya, banyak mahasiswa baru dan generasi baru yang bertanya-tanya, apa saja manfaat yang dapat kita peroleh saat ikut sebuah organisasi..??

Pertanyaan itu juga dirasakan oleh Mimin 8 tahun silam, saat Mimin gabung exskul Sispala di sekolah SMA. Setelah menjadi mahasiswa, Mimin tidak ragu lagi untuk ikut organisasi, yang penting organisasi itu sesuai dengan passion dan kemauan Mimin.

Pengertian Organisasi

Back to the laptop, sebelum kita mengupas tuntas apa saja manfaat ikut organisasi, ada baiknya kita pahami dulu, apa sih organisasi itu..??

Sobat Kepo, bentuk dari sebuah organisasi itu beranekaragam dan definisinya juga demikian; menyesuaikan dengan bentuk organisasi tersebut.

Secara umumnya, arti organisasi adalah wadah sekelompok orang yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersamanya. Setiap organisasi tentu memiliki tujuannya. Nah tujuan tersebut seringkali kita kenal dengan istilah visi organisasi.

Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolompok orang tadi akan bekerjasama mewujudkannya dengan membuat program dan target organisasi mereka. Inilah misi, cara mewujudkan program dan target yang sudah dibuat.

Sementara itu, mereka yang menggerakkan roda organisasi disebut sebagai kader organisasi. Sekumpulan orang yang saling bekerja sama itu juga akan terus mencari kader-kader barunya untuk regenerasi organisasi mereka. Hal ini dilakukan agar organisasi tersebut dapat tetap hidup dan berjalan sesuai visi misinya.

Bagaimana Sobat, sudah paham apa itu organisasi..??


Manfaat Ikut Organisasi

Lalu, apa manfaat ikut organisasi..??

Yuk di simak manfaat ikut organisasi berikut ini Sobat.

1. Berkesempatan menjadi seorang pemimpin

Sobat, organisasi akan mengajarkan kita tentang kepemimpinan. Hal ini akan kita temui saat sedang menjadi ketua kelompok saat proses pengkaderan atau menjadi pemimpin barisan saat di lapangan.

Contoh lainnya, saat kita menjadi kepala bidang di suatu kepanitiaan atau kepengurusan, tentu secara tidak langsung kita akan memimpin bidang tersebut Sobat. Terlebih lagi saat kita menjadi ketuanya, sudah pasti otomatis akan menjadi pemimpin kan Sobat..??

Manfaat ini akan terasa lebih dahsyat ketika kita sudah terjun ke dunia kerja nanti Sobat, maka dari itu belajar menjadi pemimpin di organisasi adalah bekal kita di kemudian hari. Apalagi untuk mereka yang laki-laki yang sudah pasti menjadi pemimpin di rumah tangganya.


2.  Belajar menjadi pemimpin yang bijak atau pengikut yang setia

Sobat Kepo, saat kita menjadi bagian dari sebuah organisasi, ada waktunya kita akan menjadi seorang pemimpin. Potensi akan mengantarkan Sobat pada hal tersebut, saat itulah Sobat akan lebih banyak belajar dan belajar untuk bagaimana menjadi pemimpin yang bijak.

Kemudian, untuk Sobat yang menjadi anggota; Sobat akan belajar bagaimana menjadi pengikut yang patuh pada pemimpinnya, pengikut yang juga harus setia dan mau bekerja keras mewujudkan visi misi organisasinya. Maka dari itu, baik itu anggota ataupun ketuanya; semua orang yang terlibat dalam organisasi itu pasti akan banyak mendapatkan pelajaran berharga itu.


3. Memperoleh banyak teman dan relasi dengan berbagai jenis karakternya

Manfaat ikut organisasi berikutnya adalah kita akan memperoleh banyak teman Sobat. Dalam sebuah organisasi, kita akan mendapati teman-teman baru yang karakternya banyak juga, beranekaragam pokoknya Sobat. Dengan karakter yang berbeda itu, kita akan belajar untuk saling memahami satu sama lainnya Sobat.

Karakter dan emosional kita dalam organisasi tentu harus kita kontrol juga sobat, setelah kita paham dengan karakter kita, jangan lupa pahami karakter teman-teman kita. Dengan demikian kita akan tahu bagaimana memperlakukan mereka dengan baik, bersikap sewajarnya agar suasana dalam organisasi kita terasa menyenangkan dan tetap asyik.

Relasi kita juga akan terus bertambah, karena akan ada banyak orang baru yang kita temui. Kekuatan relasi ini akan membangun jaringan pertemanan dan informasi yang luas.


4. Tumbuh rasa peka dan peduli

Nah, dalam sebuah organisasi tentu akan ada program yang akan dijalankan. Saat kita punya waktu dan teman butuh pertolongan, tentu rasa peka dan peduli kita akan muncul juga Sobat. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan menjadi kebiasaan yang positif untuk kita di kemudian hari.

Saat ada masalah, kita juga akan saling bahu membahu menyelesaikannya. Rasa peka dan peduli ini lama kelamaan akan membentuk semangat kekeluargaan kita.


5. Selalu belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih baik

Dalam sebuah organisasi, kita juga diberikan kesempatan untuk belajar dari kesalahan. Tidak ada manusia yang tak pernah salah dalam bertindak ataupun mengambil keputusan. Kesalahan yang kita perbuat harus segera diperbaiki agar tidak terulang lagi.

Tiap organisasi tentu akan mengevaluasi perkembangan ataupun kesalahan-kesalahan yang telah mereka perbuat. Kesalahan yang Sobat pandang dapat menjadi guru. Kesalahan itu juga akan mengatarkan kita menjadi pembelajar yang bijak, karena tak mau mengulangi kesalahan tapi mau belajar darinya, dan mau bangkit serta menyelesaikan permasalahannya.


6. Belajar memahami dan membangun roda organisasi

Menurut buku Agar Kuliah Tak Sekedar Status, ada banyak hal yang akan kita pahami dalam menggerakan roda organisasi. Seperti visi, misi, program kerja, Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD / ART), evaluasi, manajemen organisasi, manajemen konflik, ketercapaian kinerja, dan yang lainnya.

Proses pemahaman ini akan menjadi kesempatan kita untuk belajar bagaimana membangun sebuah perusahaan di kemudian hari nanti Sobat. Bagi Sobat yang ingin membangun bisnis, tentu organisasi adalah salah satu tempat penting untuk mewadahi keingingan Sobat itu.


7. Mengasah potensi diri dan berkesempatan menjadi orang sukses

Yang terakhir, Sobat tentu akan mencari jati diri untuk mengasah potensi Sobat. Nah, organisasi adalah salah satu tempatnya. Seiring berjalannya waktu, Sobat akan menemukan jati diri dan potensi tersebut. Asal saja Sobat mau belajar, baik itu dari kinerja ataupun dari evalusasi kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi.

Organisasi juga akan memberikan kita kesempatan untuk menjadi pribasi yang sukses melalui relasi, jaringan, pelajaran, dan pengetahuan yang telah kita peroleh sebelumnya. Bila sewaktu-waktu Sobat membangun bisnis, relasi yang Sobat peroleh dapat menjadi jembatan untuk memperluas bisnis Sobat. Hingga pada akhirnya, semua itu akan mengantarkan Sobat pada kesuksesan.

Nah, itulah 7 manfaat ikut organisasi yang Mimin peroleh dari pengalaman organisasi yang sudah banyak mengajarkan banyak hal pada Mimin. Sumber informasi mengenai manfaat berogranisasi di atas juga Mimin rangkum dari buku “ Agar Kuliah Tak Sekedar Status” karya Fakhrul Ar-razi, penulis dan motivator muda Kalimantan Barat.

Perlu untuk Sobat ketahui, masih ada banyak lagi manfaat ikut organisasi itu Sobat. Teruslah belajar ya, jangan lupa bagikan informasi ini ya Sobat agar mereka dapat mengetahuinya juga….

Manfaat ikut organisasi
Image source: www.inscapeconsulting.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *