Sobat Kepo, mumpung lagi hujan nih; Sobat tahu apa manfaat hujan bagi kehidupan kita..??

Hujan yang turun tidak pada waktunya seringkali kita sesali, kadangkala kita kecewa karena hujan menghambat aktivitas kita. Tapi Sobat, turunnya hujan ke bumi ini ada berkah dan manfaatnya loh; apa saja itu..??

Di lansir dari situs wikipedia; pada umumnya musim di bumi ini terdiri dari 4 musim, yakni musim gugur, musim semi, musim panas dan musim dingin. Beda dengan negeri kita Sobat, sebagai negara yang beriklim tropis Indonesia hanya memiliki 2 musim saja, yakni musim kemarau dan musim hujan.

Nah bicara tentang hujan, datangnya musim tersebut dapat memberikan dampak yang positif dan negatif. Pada artikel ini, kita akan mengupas dampak positifnya dulu ya Sobat; manfaat hujan bagi kehidupan manusia.

Manfaat Hujan Bagi Kehidupan

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Manusia
 
Image source: Pinterest Kira y Dzyuke
 

Sobat pasti penasarankan..??

Perlu untuk Sobat ketahui, pasti ada alasan mengapa Tuhan menurunkan hujan untuk kehidupan umat manusia. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat hujan bagi kehidupan manusia:

1. Air Hujan dimanfaatkan sebagai Sumber Air Minum

Sobat, hujan yang turun ke bumi pasti membawa berkah. Salah satunya adalah untuk manusia yang berada di daerah yang kering dan sulit untuk mendapatkan air bersih untuk di minum.

Daerah yang kekeringan sangat menantikan kedatangan hujan agar air minum yang akan mereka konsumsi tetap tersedia. Kata orang, minum air hujan berbahaya, benarkah demikian Sobat?

Meskipun tidak dapat di minum secara langsung, air tersebut tetap dapat dikonsumsi. Asal saja sudah ditampung, dimurnikan, dan di masak. Begitulah pendapat para pakar, pemurnian tersebut bertujuan untuk membuang zat-zat berbahaya yang terkandung dalam air hujannya.

Kedatangan hujan ke bumi tentu ada alasannya Sobat, maka dari itu jangan salahkan Tuhan jika hujan turun ke bumi ya Sobat.

2. Air Hujan dapat Menyuburkan Tumbuhan

Sobat Kepo, manfaat lainnya dari air hujan adalah untuk menyuburkan tumbuhan kurang kandungan airnya. Daerah yang mudah kering tentu sangat membutuhkan banyak asupan air. Bagi para petani, hujan adalah berkah.

3. Air Hujan dapat Memperbaiki Kualitas Udara

Ada udara segar setelah hujan, Sobat pasti pernah mendengar kata itu bukan?

Nah, manfaat air hujan bagi kehidupan manusia yang selanjutnya adalah dapat memperbaiki kualitas udara. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya udara yang ada di sekitar kita pasti ada dan kadangkala banyak mengandung polusi. Air hujan yang turun akan menetralisir pencemaran udara tadi.

4. Air Hujan dapat Mendatangkan Kebahagiaan

Siapa sih yang tak senang dan bahagia jika air hujan turun. Sobat Kepo, sebagian manusia bahagia dengan hujan. Pasalnya, air hujan itu dapat mendatangkan suasana nyaman; apalagi bagi mereka yang mempunyai kenangan pada saat hujan turun.

Tidak dapat dipungkuri, kenyantaannya air hujan memang mempunyai manfaat positif bagi emosional dan kebahagian manusia. Kadangkala, mereka yang sedih akan kembali terhibur karena datangnya hujan. Di lansir dari situs Seruni, secara emosional air hujan dapat mendatangkan efek bahagia.

5. Air Hujan dapat dijadikan sebagai Sumber Energi untuk Pembangkit Listrik

Manfaat berikutnya dari air hujan adalah untuk membangkitkan energi listrik yang ada di PLTA, Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Di lokasi PLTA, air yang hujan turun tentu akan masuk dalam kolam atau penampungannya. Air tersebut akan menggerakan turbin dan kemudian dapat membangkit energi listrik dengan bantuan teknologi modern yang di buat oleh para ahli.

6. Air Hujan dapat Mendukung Keberhasilan Bercocok Tanam

Nah, selain dapat menyuburkan tumbuhan; manfaat air hujan berikutnya adalah dapat mendukung keberhasilan bercocok tanam. Sobat Kepo, pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman sangat bergantu pada air.

Asupan air yang cukup ini akan mendukung keberhasilan petani yang bercocok tanam. Pada akhirnya, tanaman mereka akan tumbuh subur dan mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan harapannya. Secara ekonomi, hal ini juga dapat menguntungkan mereka.

7. Air Hujan dapat Menjaga Kelangsungan Hidup Manusia

Poin 1-6 di atas sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia. Sangat jelas ya Sobat, ke-6 poin di atas tentu sangat bermanfaat untuk manusia. Berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa ini patut untuk kita syukuri ya Sobat.

Nah, itulah 7 poin penting dari manfaat air hujan untuk kehidupan manusia ya Sobat. Nantikan artikel berikutnya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *