Sobat Kepo, bagaimana cara menghasilkan uang dari internet? Manusia hidup butuh uang. Mereka sangat membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sobat, ada banyak cara untuk menghasilkan uang.  Di era teknologi informasi yang kian canggih saat ini, internet menjadi salah satu tempatnya. Sudah terbukti, banyak para pebisnis sukses menghasilkan uang dari internet. 

Cara menghasilkan uang dari internet
Sumber: freepik

Internet merupakan jaringan teknologi informasi dan komunikasi global yang dapat menghubungkan perangkat media elektronik dari satu titik media ke titik media lainnya. Selain digunakan sebagai media komunikasi dan edukasi, internet juga digunakan untuk menjalankan bisnis. 

Menurut hasil survei terbaru dari Situs We Are Social, disebutkan bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 175,4 juta pengguna. Angka tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,ada kenaikan 17% atau sekitar 25 juta pengguna. Jika dilihat dari  total populasi Indonesia yang kini berjumlah 272,1 juta jiwa, dapat dipastikan bahwa 64% penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet.

Nah, dari data jumlah pengguna internet di atas; tentu sangat besar peluang kita jika ingin menghasilkan uang dari internet. Bagaimana caranya..??

Sobat, tentu banyak dari kita yang terkejut melihat orang bisa sukses menghasilkan uang dari internet kan? Banyak juga dari kita yang kepo, dan bahkan muncul keinginan untuk bisa menghasilkan uang dari internet.


Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet. Namun  pada kesempatan kali ini, kita kupas 7 cara dulu ya Sobat. Kita pahami satu persatu, step by step Sobat.

Baca artikel serupa: CARA MENGHASILKAN UANG DENGAN BERMAIN GAME


Berikut ini 7 cara jitu menghasilkan uang dari internet, dirangkum Mimin dari berbagai sumber dan riset.


1. Jualan Online

Jualan online adalah salah satu cara yang sangat jitu untuk menghasilkan uang dari internet. Hal ini dikarenakan kita dapat dengan mudah menjangkau pasar dan calon pembeli. Internet juga mempercepat proses penjualan produk kita. 

Berjualan secara online dapat dijalankan melalui media sosial dan website, bahkan dapat dengan mudah dan cepat juga dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi online shop di handphone kita. Kini internet telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari masyarakat moderen. Segala kebutuhan dari pangkal rambut hingga ke ujung kaki dan perkakas rumah tangga serta kecantikan juga sudah banyak di jual di internet.

Situs Niagahoster memamparkan 10 tips untuk sukses jualan online. Pertama, kita harus mengenali nilai unik dari produk yang akan di jual. Kedua, ada baiknya kita juga harus membuat sendiri website online kita agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang kita jual. Berikutnya, harus ering riset data penjualan. Mengimplementasikan konsep content marketing, social media marketing, dan email marketing. 

Ketujuh, optimalkan word of mouth dengan menambahkan kolom review dan testimony produk kita. Kedelapan, sudah seharusnya kita juga aktif beriklan di akun media sosial yang dijalankan agar cepat dan mudah menarik minat pembeli. Cara berikutnya adalah dengan menarik minat pelanggan melaui promo-promo yang menarik dan memikat hatinya. Terakhir, pikat minat calon pembeli melalui deskripsi produk yang singkat tapi menarik.

Ingat Sobat, jualan online juga dapat dilakukan tanpa modal dengan sistem dropship. Jadi, jangan bingung dan bertanya-tanya lagi ya bagaimana bisa menghasilkan uang lewat internet sobat.


2. Menjadi Youtuber

Sobat Kepo, tentu tidak asing bagi kamu dengan kata “Youtuber” ini kan? Cara berikutnya untuk menghasilkan uang dari internet adalah dengan menjadi seorang Youtuber. Mereka yang menekuni profesi dan usaha di Youtube itu dapat dengan mudah menghasilkan uang, di gaji oleh google. 

Jika channel youtube kita ramai penonton dan subcriber, kita dapat duduk manis Sobat. Asal saja chanel tersebut sudah dimonetesisasi (ada iklannya). Layaknya para youtuber yang jadi miliyader, kita juga bisa seperti mereka Sobat. Asal saja usaha kita tetap hidup dan konsisten Sobat.

Jangan di tanya lagi, sudah banyak youtuber Indonesia yang sukses dan bahkan menjadi menjadi miliyader. Sebagai contoh, penghasilan Ria Ricis per tahun dari Youtube berkisar Rp2,6 miliar hingga Rp43 miliar. Gede kan Sobat..??

Sobat Kepo, cara mendapatkan keuntungan dari Youtube adalah dengan sponsorship / endorsment dan memasang iklan google adsense.


3. Menjadi Blogger

Setelah Youtuber, ada lagi istilah “Blogger”. Bedanya, blogger memposting konten dan menghasilkan uangnya di situs blog / website. Penghasilan blogger juga tidak kalah dengan youtuber Sobat.

Pernah menonton Film Trinity, The Nekad Traveler? Nah, itu adalah salah satu contoh sukses seorang blogger Sobat. Puji Tuhan, saat ini Mimin juga menekuni profesi ini Sobat. Senang banget pokoknya ketika pertama kali dapat gaji dari Google. 

Sama seperti youtuber selain lewat google adsense dan sumber periklanan lainnya, blogger juga dapat menghasilkan uang melalui content placement seperti endorsement dan sponsorship Sobat. Tunggu apalagi, blogger adalah profesi yang cocok untuk Sobat yang hobi menulis loh…


4. Influncer di Media Sosial

Selain di Youtube dan Blog, media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter juga dapat menjadi media mendulang penghasilan. Caranya mudah banget Sobat, yakni cukup dengan memposting produk yang ingin di branding dan di jual oleh mereka. 

Bayaran endorsement seorang influncer berkisar sekitar puluhan ribu hingga jutaan rupiah Sobat, tergantung dengan jumlah followers kita. Namanya juga usaha, Sobat juga harus bekerja keras untuk dapat menjadi seorang Influncer.


5. Freelancer

Er er er, kalau ujungnya er, pasti ujung-ujungnya menghasilkan uang Sobat. Youtuber, Blogger, Influncer, dan kali ini Freelancer. 

Pekerjaan ini dapat dilakukan paruh waktu dan tetap Sobat. Tapi, pada umumnya sih lebih banyak yang paruh waktu. Freelancer memanfaatkan waktu luang mereka untuk kerja sampingan menambah uang di dompet mereka. Ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang Freelancer melalui internet.

Situs Ekrut Media memaparkan 12 pekerjaan Freelancer yang banyak di cari oleh perusahaan-perusahaan besar saat ini. Diantaranya adalah menjadi analis dan konsultan bisnis, voice over (pengisi suara konten untuk video game dan animasi), data entry (admin), desainer grafis, web designer, penulis konten, ahli SEO, Java Programmer, editor foto, data scientis, dan perencana keuangan.

Masih banyak lagi Sobat, searching aja di Mbah Google ya….


6. Admin Media Sosial

Indonesia masuk dalam peringkat 5 besar pengguna media sosial terbanyak di dunia. Situ We Are Social menyebutkan bahwa, pengguna aktif media sosial di Indonesia sudah mencapai lebih dari 160 juta pengguna. Di era teknologi informasi dan komunikasi saat ini, media sosial juga dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis. Peluang tersebut mendatangkan pekerjaan baru untuk mereka yang aktif dan mahir menggunakan social media.

Adapun media sosial yang sering digunakan oleh pengguna internet Indonesia, dari yang terbanyak hingga tersedikit adalah YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line, FB Messenger, LinkedIn, Pinterest, We Chat, Snapchat, Skype, Tik Tok, Tumblr, Reddit, Sina Weibo. 


7. Dropshipping

Sobat Kepo, selain berjualan secara online dengan menjual produk kita sendiri; sebenarnya kita juga tetap bisa menjalankan jualan online di internet Sobat. Dengan menjual kembali produk suplier kita. Konsep bisnis ini adalah kita menjual produk tanpa harus memiliki produk tersebut. Konsep ini juga dapat dijalankan tanpa modal loh Sobat.

Dalam konsep ini, Sobat akan berperan sebagai dropshipper yang menjual barang dari supplier kepada customer Sobat di Internet. Produk yang kita ambil dari suplier akan secara langsung dikirimkan kepada customer dengan nama Sobat sebagai penjualnya.

Kalau Sobat rajin, tentu pundi-pundi uang dapat dengan mudah dikocekin.

Nah, itulah 7 cara jitu menghasilkan uang dari internet ya Sobat. Silahkan pahami dan pelajari lagi Sobat. Teruslah belajar dan belajar untuk lihai dan pandai. Salam perjuangan, semangat ya mencari uangnya Sobat. Hidup Manusia yang rajin..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *