Sobat Kepo, tahukah kamu dengan ciri-ciri psikopat, apakah kamu memiliki ciri tersebut?

Semoga saja tidak ya Sobat. Psikopat merupakan penyakit gangguan jiwa, salah satu cirinya adalah penderitanya tidak memiliki hati dan empati terhadap lingkungan sekitar. Dapat dipastikan bahwa, ciri psikopat cukup mudah dideteksi, asal saja kita melihat langsung tingkah laku penderitanya.

Kepo dengan Ciri-ciri Psikopat..??

Yuk dipantengin dan baca sampe tuntas artikel ini Sobat…


Arti Psikopat

Dalam buku “Tanpa Nurani” yang ditulis ole Hare pada 2006, secara harafiahnya psikopati berarti sakit jiwa-berasal dari kata psyche, jiwa dan pathos, penyakit. Disebutkan juga bahwa masyarakat awam menyebutnya “gila”.

Kemudian pada tahun 1952 dalam psikiatri terjadi revisi nomenklatur kepribadian psikopatik menjadi kepribadian sosiopatik. Tahun 1968, terminologi kepribadian sosiopatik berubah menjadi bentuk gangguan kepribadian antisosial, yang dipakai sampai sekarang ini. 

Pendapat lainnya menyebutkan, gangguan psikopat merupakan salah satu dari masalah kesehatan mental namun gangguan psikopat tidak seperti gangguan mental yang lainnya yang biasa ditemukan pada manusia seperti depresi, stress, bipolar atau kepribadian ganda dan yang lainnya. Pendapat tersbut di tulis dalam jurnal “Gangguan Kepribadian Antisosial pada Narapidana”. Sobat kepo, mereka yang mengalami gangguan psikopat pada dirinya cenderung tidak teridentifikasi kepribadiannya.


Ciri-ciri Psikopat Menurut Ahli

Berikut ini ciri-ciri psikopat menurut Prof. Robert D Hare dalam bukunya yang berjudul Without Conscience:

1. Egosenstris dan menganggap dirinya hebat.

2. Sering berbohong, fasih dan dangkal pola pikirnya.

3. Tidak mempunyai rasa sesal dan bersalah ketika melakukan kesalahan. Terkadang ia mau mengakui kesalahannya, tapi kesalahan tersebut diremehkannya.

4. Ketika masih kecil senang melakukan pelanggaran.

5. Bersikap acuh tak acuh terhadap masyarakat.

6. Tidak memiliki sikap empati. Bagi seorang psikopat, memotong kepala ayam dan memotong kepala manusia tidak ada bedanya.

7. Bersifat agresif.

8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Bagi pengidap psikopat, tidak ada waktu untuk memikirkan baik-buruk sebuah tindakan. Karena mereka tidak peduli dengan dampak perbuatannya.

9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangannya saja.

10. Manipulatif dan curang.

11. Hidup sebagai parasite karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangannya.
12. Seorang psikopat biasanya cerdas, dan mungkin paling cerdas di antara anak-anak lainnya.

13. Biasanya banyak mengetahui sesuatu yang tidak diketahuinya.

14. Memiliki perkiraan dengan akurasi tinggi (prediksinya jarang salah dan mayoritas benar).

15. Pernah mengalami permasalahan kronisi (trauma) di masa kecilnya.


Berikut ini Uraian Ciri Psikopat menurut Pendapat Pakar dan Hasil Riset 

Sobat, artikel ini hanya menguraikan 3 contoh saja ya. Uraian lengkapnya dapat Sobat baca di artikel berikutnya nanti.

Psikopat Pandai Berbohong

Robert D. Hare seorang ahli psikopati dunia dan guru besar di Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada, sudah melakukan penelitian psikopat selama 25 tahun. Ia paham betul dengan masalah psikopat. Prof Hare mengemukakan bahwa seorang psikopat selalu memutar balik fakta, membuat kamuflase yang rumit, menebar fitnah, dan berbohong untuk mendapatkan kepuasan, serta keuntungan dirinya sendiri.


Psikopat Terlalu Cerdas

Berikut ini hasil studi yang dilakukan oleh The American Psychiatric Association menggunakan metode DSM versi IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder) mengenai tingkat kecerdasan psikopat, dilansir dari situs merdeka.com:

  • Meneliti gejala kepribadian pasien, biasanya sejak usia 15 tahun sudah mulai menunjukkan tanda-tanda gangguan kejiwaan.
  • Melalui hasil psikotes, seorang psikopat biasanya memiliki IQ yang tinggi untuk usianya.
  • Melalui tes pengetahuan, psikopat biasanya memiliki pengetahuan yang begitu luas. Apabila ada anak usia 3 tahun dan terlalu genius, di mana seharusnya anak tersebut tidak mungkin segenius itu, ada kemungkinan kelak anak memiliki tanda psikopat.


Psikopat Susah Menerima Moral


Dilansir dari NCBI, para peneliti telah mengetahui selama beberapa waktu, bahwa psikopat mengingat kata-kata emosional seperti halnya non-psikopat. Mereka lamban dalam menerima moral, kadangkala ada yang kesusahan juga.


Nah, itulah ciri-ciri seorang psikopat Sobat. Uraian lengkapnya di artikel berikutnya yah….

Ciri-ciri Psikopat
Image source: freepik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *