Pemilik usaha bisnis wajib mengetahui manfaat content marketing. Strategi pemasaran bisnis yang menggunakan konsep tersebut terbukti efektif dan solutif untuk meraup keuntungan.

Prinsip utama content marketing ialah menawarkan (memasarkan) konten dengan membuat target yang sesuai dengan target pasarnya. Bagi pemiliki bisnis, mencari target pasar dan membuat konsep pemasaran adalah dua hal yang tak terpisahkan. Dua konsep ini juga wajib diterapkan dalam strategi pemasaran bisnisnya agar keuntungan dapat datang sesuai dengan target yang ditetapkannya.

Content marketing dapat dilakukan secara digital maupun konvensional. Namun, di era digital saat ini banyak pelaku bisnis melakukannya di media digital karena jangkauan kontennya lebih luas dan tidak mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Menurut buku Visual Content Marketing Leveraging Infographics, Video, and Interactive Media to Attract and Engage Customers; Content marketing biasanya disusun sesuai kebutuhan target marketnya. Disusun secara spesifik dan diproduksi dengan teknik story telling sehingga lebih mudah diterima oleh target market. Maka dari itu, pesan harus dirancang sedemikian agar dapat menghasilkan efek yang diharapkan. Karena konten media digital yang semakin luas penggunaannya;  hanya konten yang benar-benar menarik perhatian, dan dikemas dengan baik, yang akan mendapat perhatian audiens.

 

Sentimen Positif Content Marketing

Perlu untuk diketahui, bahwasanya penggunaan media digital sebagai salah satu penghubung komunikasi dan pemasaran semakin mendapat tempat. Dalam jurnal ilmiah yang berjudul Tren Periklanan di Media Sosial (2017), disebutkan bahwa ada sentimen positif yang muncul dari efek semakin meluasnya penggunaan content marketing di media digital. Konsep content marketing yang disebutkan menggunakan konsep iklan online.

“Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jatim Haries Purwoko mengungkap, secara nasional, belanja iklan tahun ini diperkirakan akan samakin membaik dan mengalami kenaikan sebesar 11% hingga 13%. Kenaikan tersebut dipicu oleh kian membaiknya perekonomian nasional,” tulis Ramsiah Tasruddin.

Staf Pengajar pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar itu mengatakan bahwa sentimen positif ini menandakan bahwa iklan online yang tersebar di sejumlah media sosial sudah menjadi industri yang prospektif seiring perkembangan tatanan ekonomi global. Menurutnya, kinerja periklanan secara online beberapa tahun terakhir di satu sisi juga makin meningkat.

Manfaat Content Marketing




Manfaat Content Marketing

Dari paparan di atas, tentu akan muncul pertanyaan: Apa sih manfaat content marketing untuk bisnis yang saya jalankan?

“Content marketing merupakan strategi pemasaran dimana harus merencanakan dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens dengan tepat sasaran, serta mendorong target audiens untuk menjadi konsumen,” tulis Ramsiah dalam jurnalnya.

Lebih lengkapnya, berikut ini dua manfaat penting content marketing yang harus kamu ketahui untuk pemasaran bisnismu; menurut Jurnal “Tren Periklanan di Media Sosial”:

  1. Menarik audiens baru untuk mengenali bisnis barang atau jasa perusahaan yang beriklan.
  2. Mendorong audiens untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan tersebut dan menjadi konsumen.

Tak apa, walaupun cuma 2 manfaatnya; setidaknya itu bisa mengetuk hatimu agar sadar bahwa content marketing adalah konsep pemasaran kekinian yang sangat penting untuk memperluas jangkauan bisnismu.

Kite Promoin adalah salah satu media periklanan yang menerapkan konsep content marketing, mari iklankan produkmu di sini. Kami siap mereview dan meliput produkmu. Kamu juga dapat mengiklankan jasa yang kamu tawarkan dan event yang kamu selenggarakan.


Artikel di atas ditulis oleh Admin di WWW.KITEPROMOIN.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *