Sobat Kepo, apa saja keunggulann aplikasi Telegram Messenger? Pertanyaan ini pasti akan muncul bila kamu ingin beralih menggunakan aplikasi chat berbasis cloud itu. Apalagi kamu yang sudah bosan menggunakan WhatsApp atau aplikasi chat lainnya ya.

Telegram sendiri merupakan aplikasi pengiriman pesan berbasi cloud yang fokus pada kecepatan dan keamanan penggunannya. Lalu, apa saja keunggulan aplikasi Telegram Messenger?

Salah satu keunggulan Telegram Messenger menurut Jurnal “Internet od Things (IoT) Kontrol Lampu Rumah Menggunakan NodeMCU dan ESP-12E Berbasis Telegram Chat Bot” ialah menggunakan protokol MTProto yang sudah teruji dengan tingkat keamanannya karena proses enkripsi end-to-end yang digunakan. Kemudian terdapat cloudpada server Telegram Messenger yang bisa digunakanuntuk menyimpan data-data seperti percakapan, foto dan video. Telegram juga memiliki Fitur Bot berbasis kecerdasan artifisial, ini merupakan fitur yang dapat terintegrasi dengan berbagai layanan melalui internet.

Berikut ini beberapa keunggulan dari aplikasi Telegram menurut Jurnal “Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT“:

  1. Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis (tidak akan pernah ada iklan atau biaya untuk selamanya).
  2. Telegram mengirim pesan lebih cepat karna berbasis cloud.
  3. Telegram lebih ringan ketika dijalankan, ukuran aplikasi lebih kecil Telegram versi v3.31 untuk android yang dikeluarkan pada 25 November 2015 memiliki ukuran 16.00MB (16,775,108 bytes).
  4. Telegram dapat diakses dari berbagai perangkat secara bersamaan diantaranya, melalui smartphone, tablet, komputer, laptop dan lain – lain secara bersamaan.
  5. Telegram mengijinkan kita berbagi foto, video, file (doc, zip dan mp3) dengan ukuran maksimum 1,5 GB.
  6. Groups pada Telegram memiliki kapasitas 200 orang dan dapat di upgrade menjadi supergroups dengan kapasitas sampai 5000 orang. Telegram membuat group lebih hidup dengan fitur Replies, Mention, Hastags dan Forwards.
  7. Fitur channel pada telegram, dengan proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan channel. Dan channel dapat menampung jumlah anggota yang tidak terbatas.
  8. Fitur sticker pada telegram gratis, cepat karna telegram menggunakan format WebP untuk sticker sehingga sticker ditampilkan 5x lebih cepat di bandingkan dengan aplikasi messenger lainnya, dan sangat mudah untuk membuat sticker sendiri.
  9. Memiliki fitur Telegram Bot, akun yang di jalankan oleh aplikasi (bukan orang). Bot memiliki fitur dan dapat melakukan apa saja seperti mengajar, bermain game, melakukan pencarian, melakukan penyiaran, mengingatkan, menghubungkan, integrasi dengan layanan lain.
  10. Telegram lebih aman untuk pengguna, karna telegram mempunyai fitur “secret chat” yang mana isi chat pada fitur ini hanya diketahui oleh sipenerima dan sipengirim. Bahkan pihak telegram pun tidak bisa mengetahui isi chat tersebut.

Keunggulan Aplikasi Telegram Messenger
Sumber: Freepik


SEMOGA BERMANFAAT YAH SOBAT..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *