Sobat Kepo, apa pengertian antioksidan menurut ahli dan buku?

Sobat, negeri kita Indonesia sangat kaya akan tanam-tanaman yang mengandung senyawa antioksidan loh. Bahkan saat ini kandungan senyawa tersebut sudah menjadi konsumsi turun temurun masyarakat Indonesia, yakni antioksidan yang berasal dari sayur-sayuran maupun buah-buahan. Kandungan fenol dan flavonoid pada ekstrak buah yang mempunyai aktivitas antioksidan tinggi sehingga dapat digunakan sebagai antioksidan alami.

Pengertian Antioksidan Menurut Ahli dan Buku

1. Menurut Buku Murray dkk yang berjudul Biokimia Harper (2009)

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menyerap atau menetralisir radikal bebas sehingga mampu mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti kardiovaskuler, karsinogenesis, dan penyakit lainnya.

Senyawa antioksidan merupakan substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Senyawa tersebut memiliki struktur molekul yang dapat memberikan elektronnya kepada molekul radikal bebas tanpa terganggu sama sekali fungsinya dan dapat memutus reaksi berantai dari radikal bebas.

2. Menurut Hasil Penelitian “Pemanfaatan Biji Kakao Inferior Campuran sebagai Sumber Antioksidandan Antibakteri” pada 2013.

Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa yang dapat mencegah, menghambat, atau mencegah oksidasi bahan yang dapat teroksidasi. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi senyawa atau jaringan dari efek destruktif jaringan oksigen atau efek oksidasi. Menurutnya, ntioksidan juga didefinisikan sebagai inhibitor yang bekerja menghambat oksidasi dengan cara bereaksi dengan radikal bebas reaktif membentuk radikal bebas tak reaktif yang relatif stabil.

Kemudian, antioksidan yang melindungi dengan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit, senyawa senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif .

Kandungan senyawa antioksidan saat ini banyak diteliti dari tanaman yang mengandung flavonoid dan fenolik. Efek antioksidan dari kedua senyawa itu menghasilkan sifat oksidasi yang berperan dalam menetralisasi radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada tanaman sendiri sebagai bertindak sebagai pemulung radikal dan membantu mengubah radikal bebas yang kurang reaktif. Antioksidan alami yang terdapat pada seluruh bagian tanaman di antaranya adalah karotenoid, vitamin, flavonoid, dan fenol.

Menurut review penelitian yang berjudul “Antioksidan”, senyawa antioksidan yang terdapat pada tanaman sangat menarik perhatian peneliti saat ini karena potensi dan efek terapi yang dimilikinya. Peran penting antioksidan untuk tubuh manusia akan dikupas di artikel berikutnya ya Sobat.

Dua sumber di atas menjawab menjawab rasa kepomu kan Sobat?

Bila masih ada yang kurang jelas, silahkan Tanya di kolom komentar di bawah ini ya Sobat. Terima kasih sudah mampir….

Pengertian Antioksidan Menurut Ahli dan Buku


Sumber: lifepack.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *