Sobat Kepo, pemasaran menggunakan konsep Social Media Marketing (Pemasaran Media Sosial) adalah pilihan yang tepat untuk pebisnis digital di Indonesia saat ini. Apa sih Social Media Marketing itu..??

Sebelum mengupas tentang Social Media Marketing, ada baiknya kita ketahui dulu alasan mengapa Social Media Marketing adalah pilihan yang tepat untuk pelaku bisnis digital di Indonesia ya Sobat.

Nah, salah satu alasannya adalah akibat dari penetrasi pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada awal 2021, penetrasi pengguna internet di Indonesia sendiri sudah mencapai angka 202,6 juta pengguna. Data tersebut dirilis langsung oleh Layanan Manajemen Konten HootSuite dan Agensi Pemasaran Media Sosial We Are Social dalam laporan yang bertemakan “Digital 2021”.

Kemudian, Indonesia juga masuk dalam 5 besar pengguna media sosial terbanyak di dunia. Peluang tersebut tentu sangat potensial bila optimal dimanfaatkan oleh mereka yang bisnisnya bergerak dipasarkan dengan media digital.

Mengutip dari salah satu situs yang fokus pada Digital Marketing Strategy, Social Media Marketing merupakan konsep pemasaran produk dengan platform media sosial agar proses branding dan promosi produknya dapat sesuai dengan target pemasarannya.

“Secara umum, Social Media Marketing bertujuan untuk meningkatkan promosi dan branding usaha yang dijalankan,” tulis Redaksi Kite Promoin (8/2/2021).

Pengertian Social Media Marketing menurut Ahli:

Sobat, berikut ini adalah pengertian Social Media Marketing menurut Ahli yang valid informasinya:

1. Menurut Susan Gunelius dalam Buku “30 Minute Social Media Marketing”

Social media marketing merupakan suatu bentuk pemasaran langsung ataupun tidak langsung yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan untuk merek, bisnis, produk, orang, atau entitas lainnya dan dilakukan dengan menggunakan alat dari web sosial seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, dan content sharing.

2. Menurut Buku “The New Community Rules : Marketing on the Social Web” yang ditulis oleh Tamar Weinberg

Social media marketing adalah sebuah proses yang mendorong individu untuk melakukan promosi melalui situs web, produk, atau layanan mereka melalui saluran sosial online dan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan komunitas yang jauh lebih besar yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk melakukan pemasaran daripada melalui saluran periklanan tradisional.

3. Menurut Tract L. Tuten dalam Buku “Advertising 2.0 Social Media Marketing in a Web 2.0 World”

Social media marketing merupakan bentuk periklanan secara online yang menggunakan konteks kultural dari komunitas sosial meliputi jejaring sosial, dunia virtual, situs berita sosial, dan situs berbagi pendapat sosial untuk menemui tujuan komunikasi.

Apa sih Social Media Marketing itu
Sumber: freepik



Nah, itulah arti dan penjelasan konsep Social Media Marketing ya Sobat. Semoga bermanfaat.!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *