Sobat Kepo, apakah kamu tahu dengan karakteristik dan jenis-jenis media sosial yang ada sekarang? Kalo belum tahu, yuk disimak pembahasan artikel ini Sobat.

Media sosial sudah menjadi kebutuhan hari-hari masyarakat dunia. Selain digunakan untuk berkomunikasi, media sosial juga dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mempromosikan produk dan usaha yang dijualnya.

Boyd dan kawan-kawannya dalam buku “Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global” mendefinisikan Media Sosial sebagai kumpulan perangkat lunak yang memungkinkan individu maupun komunitas untuk berkumpul, berbagi, dan berkomunikasi, serta pada kasus tertentu saling berkolaborasi atau bermain. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa media sosial mempunyai kekuatan pada user-generate content (UGC) dimana konten dihasilkan oleh pengguna, bukan oleh editor sebagaimana di institusi media massa.

Lalu, apa saja karakteristik dan jenis-jenis media sosial yang ada sekarang ini..??

Karakteristik Media Sosial

Berikut ini adalah karakteristik media sosial menurut Hadi Purnama dalam Tesisnya yang berjudul “Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0 Corporate AndMarkerting Communication”:

1.Jangkauan (reach) daya jangkauan media sosial dari skala kecil hingga skala besar (global), tidak terbatas pada wilayah tertentu. Artinya semua orang di dunia dapat terhubung ke media sosial, asal saja ada jaringan internet ditempatnya.

2. Aksesibilitas (accesibility), media sosial lebih mudah diakses oleh publik dengan biaya yang lebih terjangkau.

3. Penggunaan (usability), media sosial relatif mudah digunakan karena tidak memerlukan keterampilan dan pelatihan khusus.

4. Aktualist (immediaty), media sosial dapat memancing respons publik lebih cepat.

5. Tidak permanen (replacment), media sosial dapat menggantikan komentar secara instan atau mudah melakukan proses pengendalian.

6. Frekuensi (frequency), media sosial mampu menggambarkan jumlah waktu yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses media sosial setiap harinya.

Karakteristik dan Jenis-jenis Media Sosial
Sumber: Freepik



Jenis-jenis Media Sosial

Jenis-jenis jejaring sosial atau media sosial menurut Natipulu dalam Buku “Social Media Nation”:

1. Social News Sites

Sobat Kepo, jenis media sosial ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan berita, informasi, artikel, foto dan video yang kemudian akan diberikan penilaian (vote like atau dislike) atas informasi tersebut. Seperti Digg.com atau Reddit.com yang merupakan platform berita sosial yang mendunia.

2. Social Networking

Social Networking merupakan media sosial yang paling populer di Indonesia, dimulai dari era Friendster, dilanjutkan oleh Myspace.com dan sampai yang paling mendunia adalah Facebook dan Instagram.

Media sosial jenis ini memungkinkan orang untuk membuat halaman web pribadi yang terhubung dengan teman-temannya untuk berbagi komunikasi dan berbagi konten. Situs media sosial tersbut juga sudah tersedia untuk versi aplikasi mobilenya.

3. Social Sharing

Social sharing merupakan beberapa platform jejaring atau media sosial yang memfokuskan diri pada fitur berbagi konten, yang populer antara lain Youtube, Flickr, Souncloud. Pengguna  platform tersebut akan lebih cepat dikenal di dunia maya selama mereka memiliki konten yang unik dan banyak disukai pengguna lainnya.

4. Blog

Blog merupakan jenis jejaring atau media sosial yang memungkinkan seseorang untuk mengekspesikan dirinya dalam bentuk artikel, ide, pemikiran, cerita dan informasi. Contohnya adalah Blogspot.com dan WordPress.com.

5. Microblogging

Sobat Kepo, Microblogging merupakan jejaring atau media sosial yang memiliki keterbatasan dalam menuliskan isi atau pesan. Seperti Twitter yang hanya bisa menuliskan 140 karakter untuk menuliskan pesan.

6. Forum Internet

Forum Internet sendiri merupakan cikal bakal jejaring atau media sosial saat ini. Forum menjadi tempat berdiskusi tentang segala hal mulai dari topik sehari-hari sampai hal-hal yang dianggap unik dan aneh.

Sobat, forum menjadi tempat pertama bagi seseorang untuk mencari informasi dari orang lain yang mungkin lebih ahli dibidang yang diminatinya. Situs Kaskus adalah salah satu ontoh forum internet yang hingga saat ini masih populer digunakan oleh pengguna internet.

Terima kasih sudah mampir Sobat, semoga bermanfaat yah..!!

Jangan lupa dibagikan ke sobatmu yang lainnya ilmu-ilmu bermanfaat di situ Kepoilmudotcom ini hehe….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *