Tren Kaos Oversized – Sobat Kepo pernah gak melihat seseorang atau sekelompok orang menggunakan pakaian baik itu kaos, celana, atau outer yang ukurannya kebesaran? Sebagian dari kalian mungkin saja berpikir bahwa baju atau celana mereka kedodoran. Namun Sobat harus tau bahwa itu adalah salah satu tren berpakaian gaya streetwear yang sudah ada sejak zaman 90an. Dimana seseorang menggunakan pakaian baik kaos, bawahan, atau outer yang berukuran lebih besar dari ukuran normal pakaian yang ia biasa gunakan. Setelan ini juga dikenal dengan istilah anti-fit style. Lalu dari manakah awal tren berpakaian ini bermula?

Tren Kaos Oversize

Tren kaos oversized ini sebenarnya berawal di tahun 90an dimana banyak wanita yang menggunakan kaos berukuran besar atau longgar dan memadukannya dengan bawahan yang gembrong atau juga yang pendek. Selain itu, setelan streetwear yang satu ini juga dipopulerkan oleh para rapper dan penyanyi kala itu.

Rapper sebagian besar memiliki ukuran tubuh yang besar, sehingga ia memerlukan pakaian yang besar pula. Ini kemudian mempengaruhi ciri khas seorang rapper yaitu oversized style baik kaos ataupun bawahan sampai outer. Artis kenamaan seperti Justin Bieber dan Billie Eillish juga sangat sering menggunakan gaya streetwear yang satu ini.

Selain Rapper, Ada Skater

Selain rapper, pemain papan skatejuga turut mempopulerkan gaya yang satu ini. Ini juga didukung oleh sambutan dari produsen pakaian yang merespon tren ini dengan positif sehingga pasar kaos oversized menjadi semakin besar. 

Di Indonesia, tren ini juga popoler tahun 90an. Meskipun saat itu banyak artis atau anak band yang bergaya dengan celana ketat dan besar di bawah serta baju yang serba ketat. Pada tahun 2016-2017 gaya anti-fitini kembali naik. Dan kini tahun 2020-2021 gaya ini sangat digemari baik oleh laki-laki maupun perempuan. Nah kira-kira Sobat Kepo tau gak ya mengapa mereka suka gaya kedodoran ini? Atau mungkin Sobat Kepo juga suka dengan tren kaos oversized ini?

Mengapa mereka menggunakan Kaos Oversized?

Ada berbagai alasan mengapa tren kaos oversized ini sangat digandrungi anak-anak muda sekarang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tren kaos oversized ini begitu populer. Selain sambutan produsen kaos yang cepat merespon tren, berikut adalah beberapa alasan utama dari mereka yang menyukai gaya anti-fit ini.

1.    Mudah Mix & Match

Menggunakan kaos oversized membuat kita lebih mudah menemukan pakaian padanan lainnya. Oversized t-shirt cocok dengan berbagai macam celana seperti celana kulot, skinny pants, atau bahkan joger pants. Selain itu tambahan berbagai jenis aksesoris lainnya seperti topi, kalung, bandana, dan lain sebagainya semakin membuat gaya oversized ini terlihat keren.

2.    Longgar lebih nyaman

Beberapa orang sangat tidak suka menggunakan pakaian ketat, cepat gerah adalah salah satu alasan mengapa seseorang tak suka celana atau baju yang super ketat. Tren kaos oversized ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasi kegerahan berpakaian selama ini. Pakaian yang longgar memberikan lebih banyak celah udara yang masuk dan tidak mudah gerah saat cuaca panas. Terlebih Indonesia adalah negara tropis.

3.    Mampu menyamarkan bentuk tubuh

Bagi Sobat yang mungkin kurang percaya diri dengan struktur tubuh kalian atau ingin tampil lebih, kaos oversized dapat membantu menyamarkan bentuk tubuh kalian sehingga terlihat lebih ideal. Sehingga Sobat bisa lebih percaya diri dalam beraktivitas.

4.    Terlihat Modern

Tampilan tren kaos oversized yang terlihat begitu urban membuat kaos-kaos oversizedini terkesan modern dan modis. Warna dan design kaos oversized juga tidak begitu ”catchy” alias mencolok membuat kesan simpletapi keren dan modern.

5.    Ingin menjadi pusat perhatian

Menggunakan kaos oversized juga dapat menarik perhatian lingkungan sekitar lo. Tak semua orang percaya diri dengan menggunakan kaos oversized sehingga ketika seseorang menggunakannya, ia akan tampil berbeda dari sekelilingnya dan mampu memberi daya tarik pada orang lain di sekitarnya dan menjadi pusat perhatian.

Nah Sobat Kepo, itulah awal mula bagaimana tren kaos oversized bisa berkembang dan perkembanganya di Indonesia. Nah, bagaimana Sobat Kepo juga ingin mencoba ikut tren kaos oversized? Selamat belanja dan bereksperimen.

2 thoughts on “Tren Kaos Oversized di Indonesia, Dari Mana Asalnya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *