Sobat kepo, sekarang ini marketing bukan hanya tentang mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen yang dituju saja. Tapi karena perkembangan teknologi yang ada saat ini, marketing sudah meluas menjadi digital marketing yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk yang sedang dipasarkan melalui beragam konten, lho! Sebelum lebih jauh mengenai pembahasan tersebut, mimin kepo ingin jelasin dulu nih definisi dari digital marketing. Digital marketing (Coviello, Milley, dan Marcollin : 2001) merupakan penggunaan media internet dan teknologi interaktif lainnya untuk tujuan menghubungkan konsumen dan perusahaan serta dapat secara langsung berbagi informasi dan berkomunikasi.

Berbagai macam bisnis dari perusahaan ternama sampai UMKM, sekarang ini melakukan pemasaran secara online dan hal tersebut sudah dianggap sebagai kewajiban karena orang-orang saat ini memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, hampir semua orang menggunakan media dalam mencari, membeli atau berkomunikasi. Bahkan, menurut data Badan Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia, tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 78%. Itulah kenapa digital marketing sangat diperlukan bagi pebisnis agar target konsumen yang ingin dituju bisa tercapai.

Menjangkau Konsumen Yang Ingin Dituju

Salah satu tujuan dari digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen. Dengan memanfaatkan teknik digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimazation) atau memasang iklan online seperti Youtube ads, instagram ads atau google ads akan membantu bisnis kamu dapat dijangkau oleh konsumen yang ingin dituju dengan memastikan terlebih dahulu target spesifik yang dituju itu siapa, misalnya orang-orang yang tinggal diperkotaan, usia remaja atau dewasa serta menyukai hal-hal yang selaras dengan bisnismu. selain menjangkau konsumen yang ingin dituju,  digital marketing juga bisa menjangkau pasar lebih luas, lho! Karena semakin luasnya jangkauan yang ingin dituju, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan konsumen baru lebih banyak.

Mencapai Target Penjualan Yang Diinginkan

Manfaat lain dari penggunaan digital marketing untuk bisnis kamu adalah dapat mencapai target penjualan yang diinginkan, bahkan bisa melebihi dari target yang diinginkan karena melalui digital marketing, bisnis yang sedang kamu jalankan dipromosikan melalui berbagai macam strategi digital marketing. Seperti konten yang menarik di sosial media, endorse selebgram/influencer yang bisa membuat pengikut selebgram/influencer tersebut kepo dan bahkan membeli produk yang sedang dipasarkan, dan dampak dari iklan digital yang kamu lakukan. Hal-hal tersebut bisa mencapai target penjualan yang diinginkan karena jangkauan yang disasar semakin meluas.

Memangkas Biaya Promosi Yang Dibutuhkan

Jika masih menggunakan media konvensional dalam melakukan promosi, selain target yang ingin dituju kurang fokus, biaya yang akan dikeluarkan juga sangat besar. Misalnya, pemasangan billboard, neon box, brosur serta iklan di berita, televisi atau radio. Hal tersebut tentu akan merugikan pebisnis apabila promosi yang dijalankan hasilnya tidak sesuai, terutama bagi pelaku UKM. Maka dari itu, penggunaan digital marketing adalah pilihan yang tepat, terutama bagi kamu yang baru merintis usaha. Cukup menggunakan media digital seperti facebook, twitter, instagram atau tiktok untuk membuat akun bisnis dan memasang iklan produk yang sedang dipasarkan, maka selain sangat praktis, bisnis kamu terlihat lebih profesional.

Menempatkan Bisnis Lebih Unggul Daripada Pesaing

Dikarenakan digital marketing sudah dijalankan, selain bisnis kamu terlihat profesional juga akan terlihat lebih unggul dari pada  pesaing. Bisnis yang sedang kamu jalankan pastinya lebih up-to-date dan menarik untuk dilihat karena saat ini semua produk yang ingin dipasarkan akan terlihat lebih profesional apa bila mudah ditemukan. Sekarang ini, UKM atau perusahaan besar sama-sama memiliki  kesampatan yang sama didalam digital marketing, maka tidak merugikan jika bisnis kamu menggunakan digital marketing dalam memanfaatkan promosi serta strategi yang ingin dijalankan. Digital marketing juga memungkinkan produkmu menjadi trend atau dicari oleh banyak orang karena banyaknya orang yang sudah tahu, membeli bahkan menjadi konsumen loyal.

Evaluasi Lebih Teratur

Karena jangkauan digital marketing yang sangat luas, maka sangat mudah menemukan kelebihan dan kekurangan dari produk yang sedang kamu pasarkan dan membandingkannya dengan pesaing. Maka dari itu, evaluasi yang sedang dilakukan juga akan lebih taratur dan dengan cepat dapat mengurangi kekurangan serta mempertahankan kelebihan dari produk yang sedang dipasarkan. Bahan evaluasi ini juga bisa langsung di peroleh dari konsumen, karena dengan digital marketing juga bisa menjadi sarana komunikasi kamu sebagai pelaku bisnis dengan konsumen kamu, dengan begitu akan lebih mudah menemukan kelebihan dan kekurangan untuk diperbaiki dan menjadi bahan evaluasi untuk strategi selanjutnya.

Nah, tunggu apalagi? Yakin tidak mau menggunakan digital marketing untuk meningkatkan bisnis kamu? Gunakan segera digital marketing agar bisnis kamu bisa terus sukses, ya!

One thought on “Yuk, Manfaatkan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis! Apa Saja Itu?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *