Masakan Padang
– Sobat Kepo yang sering jalan-jalan ke luar kota, keliling nusantara atau bahkan ke mancanegara, pernahkah kalian memperhatikan bahwa warung nasi Padang selalu ada dimana-mana? Bahkan ada yang berjarak hanya 100 meter dari satu warung dan warung lainnya. Kenapa bisa begitu ya? Apakah ini artinya masakan Padang sangat disukai sama ma-sya
rakat seluruh Indonesia? Atau memang masakan ini pilihan yang tepat untuk menghemat? Karena harganya yang relatif murah untuk porsi yang lumayan besar?

Kira-kira apa ya alasannya?  Sampai-sampai hampir di seluruh Indonesia bahkan masakan Padang ada sampai di luar negeri. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung, contoh saja di daerah Denpasar, Bali ada lebih dari 50 warung atau restoran masakan khas Sumatra Barat ini. Tentu ini jumlah yang sangat banyak. Nah bagaimana sih ceritanya masakan khas Sumatera Barat bisa “diterima” di seluruh Indonesia.

Asal Usul Masakan Padang

Masakan Padang adalah masakan khas Minangkabau, Sumatera Barat. Berganti nama menjadi masakan Padang merupakan sebuah perubahan identitas yang berhubungan dengan keberadaan orang Minangkabau di luar Sumatera Barat.

Dulu saat terjadi pemberontakan oleh Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), pemerintah pusat melakukan penaklukan besar-besaran dan membuat banyaknya orang Minangkabau memilih untuk keluar dari Sumatera Barat. Dengan ini lalu mereka merantau dan memperkenalkan identitas barunya dengan sebutan Padang.

Kegemaran memasak khususnya oleh kaum laki-laki serta kepiawaiannya dalam berdagang membuat munculnya ide membuat warung makan di rantuan. Akhirnya, jadilah kemudian tumbuh warung makan Padang di mana-mana.

Apa saja masakan Padang?

Bila Sobat mencoba dan berbelanja di warung atau restoran Padang, Sobat akan melihat kumpulan lauk yang ditumpuk-tumpuk dan terlihat sangat artistik. Ada banyak pilihan makanan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera kita. Mulai dari rendang, sate padang, dendeng balado, gulai tauco, asam padeh, ayam pop, gulai itiak, soto padang, kalio dagiang, cancang dan masih banyak jenis masakan lainnya.

Buat Sobat Kepo yang sering makan masakan Padang, ayo coba sebutin favorit kalian di kolom komentar di bawah!

Restoran Masakan Padang di seluruh Indonesia

Fenomena merantau yang banyak dilakukan oleh orang Minangkabau memicu banyaknya jumlah restoran atau warung makan Padang di seluruh wilayah Nusantara. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengapa kemunculan warung ini benar-benar membanjiri wilayah Indonesia.

Orang Minangkabau mandiri dan kerap merantau

Sejarah menjadi seorang perantau tidak lepas dari peristiwa penaklukan pemberontakan PRRI yang membuat banyak orang Minangkabau pergi meninggalkan Sumatera Barat. Mereka menyebar ke seluruh wilayah Indonesia terutama Pulau Jawa. Disanalah mereka kemudian mengenalkan identitas baru sebagai orang Padang dan mandiri dalam menjalani kehidupan salah satunya dengan berdagang.

Mereka memiliki naluri tinggi menjadi pedagang

Berdagang memang salah satu kepiawaian orang Padang. Ini tidak lepas juga dari sejarah yang mempertemukan pedagang-pedagang dari Sumatera dengan pedagang-pedagang lainnya dari seluruh dunia saat zaman perdagangan sebelum kemerdekaan.

Orang Padang pintar memasak

Orang Padang terlebih para lelakinya sangat pintar memasak. Inilah sebabnya ketika merantau mereka mengandalkan kepiawaian dalam berdagang dan memasak hingga membentuk sebuah warung makan.

Banyak yang suka dan tertarik dengan masakan Minangkabau ini

Rasa masakan yang enak dan cocok di lidah, membuat masakan ini diterima di seluruh wilayah Indonesia. Ini menjadikan masakan Padang salah satu tujuan makan bagi kebanyakan orang selain berkunjung ke warung masakan khas daerah masing-masing.

Masakan Padang banyak pilihan

Selain karena rasanya yang enak, banyaknya pilihan makanan yang disediakan di warung ini membuat banyak orang tertarik mencobanya. Kalau Sobat Kepo suka masakan yang mana?

Harga relatif terjangkau

Melihat porsinya yang cukup besar, harga yang diberikan termasuk relatif terjangkau. Dengan pilihan lauk-lauk tertentu kita juga bisa melakukan penghematan terutama saat akhir bulan melanda.

Membuka di tempat-tempat baru karena ketatnya persaingan

Fakta terakhir ini mungkin bisa jadi salah satu alasan penting mengapa ada banyak warung masakan asli Sumatera Barat ini di hampir seluruh wilayah Nusantara. Banyaknya orang Minangkabau yang merantau membuat persaingan pembukaan warung makan semakin ketat, sehingga mereka yang baru memulai memilih mencari wilayah yang belum terjamah atau belum ramai oleh pesaing. Itulah makanya hampir semua wilayah diduduki oleh warung masakan khas Minangkabau ini.

Restoran Padang di luar negeri

Tak hanya di dalam negeri, restoran atau warung masakan Padang juga ada di luar negeri. Bahkan restoran ini cukup banyak diminati oleh orang non-Indonesia di luar negeri. Dimana saja restoran tersebut? Tak tanggung-tanggung keberadaan warung masakan ini di luar negeri ada di kota-kota besar di dunia. Di Australia, ada Salero Kito di Melbourne. Upi Jaya, berada di Quenns, New York AS. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan pernah mampir ke Upi Jaya saat kunjungan beliau ke Amerika Serikat. Padang restaurant di Beijing China, Salero Minang di Den Haag Belanda, dan Padang Sejuta Rasa di London. Wah keren juga ya masakan ini sudah keliling dunia.

Kegigihan, kemandirian, dan kepiawaian berdagang serta memasak orang Minangkabau membuat masakan khas Sumatera Barat ini menjadi sangat terkenal di Nusantara bahkan hingga Mancanegara. Sungguh aset bangsat yang patut dibanggakan dan dilestarikan, sehingga masakan Padang tetap bisa dinikmati dari masa ke masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *