Pecinta Drama Korea? Kamu Wajib Cobain Makanan Khas Korea, Nih!      

Sobat kepo pernah nonton drama korea seperti Boy’s Over Flowers, Reply 1988, atau yang terbaru Hospital Playlist, kah? Jika pernah, pasti sudah enggak asing lagi sama makanan-makanan yang ada di drama Korea tersebut.  Kimchi adalah sayuran yang wajib ada ketika orang Korea sedang makan, Jika di Indonesia, biasanya ada istilah ‘seperti tidak ada rasa kalau makan ayam goreng tanpa sambal’ begitu juga dengan makanan-makanan khas Korea yang dihidangkan, rasanya seperti ada yang kurang jika tidak ada Kimchi.

Kali ini, mimin kepo punya list makanan khas Korea yang wajib kamu cobain supaya seperti berada di Korea atau sedang masuk drama Korea, nih!

Kimchi Jjigae

Kimchi merupakan makanan khas Korea dari bahan sawi putih yang difermentasi, rasanya asam, manis serta memiliki pedas yang khas. Sedangkan Kimchi Jjigae sendiri merupakan sup kimchi pedas yang terdiri dari daging sapi, wortel, jamur, serta kimchi. Kimchi Jjigae sangat cocok dimakan saat cuaca mendung agar bisa menghangatkan badan serta tetap sehat karena kandungan vitamin dari sayur-sayuran tersebut.

Jjajangmyeon

Kalau sudah nonton Drama Korea pasti sudah tidak asing lagi sama Jjajangmyeon, ya? Jjajangmyeon merupakan makanan yang paling terkenal di Korea Selatan. Campuran mie, sayur dengan saus kedelai hitam dan tentunya dengan porsi yang besar sangat cocok dimakan ketika sedang sibuk karena praktis dan bisa pesan-antar. Jjajangmyeon jugai bisa dibilang mie ayamnya Korea Selatan karena kalau di Indonesia sedang ngumpul bersama teman tapi bingung mau makan apa, pilihannya pasti tidak jauh dari mie ayam, bakso, atau pecel ayam. Nah, begitu juga dengan Korea Selatan, Jjajangmyeon ini juga menjadi list pilihan. Bahkan, di drama-drama sering banget Jjajangmyeon menjadi pilihan makanan ketika pemainnya sedang lembur di kantor.

Tteokbokki

Tteokbokki merupakan cemilan khas Korea Selatan! Cha Eun Woo, idol dan aktor asal Korea Selatan saat sedang menjadi bintang tamu di Tokopedia juga merekomendasikan cemilan ini untuk fans-fansnya di Indonesia, lho! Menurut Cha Eun Woo, Tteokbokki cocok untuk lidah orang Indonesia yang suka pedas. Isi dari Tteokbokki adalah kue beras, sosis, daging, dan wortel yang kemudian dilumuri saus pedas manis khas Korea. Kalau saran dari Cha Eun Woo sih ditambahin telur juga, ya!

Bibimbap

Nasi campur khas Korea Selatan ini namanya Bibimbap yang terdiri dari nasi hangat yang berada di bagian paling bawah, ditambahkan berbagai macam sayur, lauk, telur, dan pasta cabai lalu ditaruh di mangkuk besar. Sebelum dimakan, Bibimbap biasanya diaduk terlebih dahulu agar semuanya tercampur merata. Bibimbap juga biasanya dimakan bersama-sama karena porsinya yang banyak. Bibimbap mirip seperti nasi goreng karena termasuk nasi campur tapi bedanya Bibimbap tidak di goreng.

Bulgogi

Daging sapi merupakan makanan favorit orang Korea Selatan. Salah satu hidangan daging sapi yang terkenal dan favorit di Korea adalah Bulgogi. Bulgogi terdiri dari irisan tipis daging sapi ditambah campuran kecap, jahe, minyak wijen, bawang putih, lada, gula dan garam. Biasanya, Bulgogi dimakan dengan kimchi dan orang Korea sangat suka makan Bulgogi di restoran bersama teman atau kerabatnya ketika sedang merayakan sebuah pencapaian, acara, sudah lama tidak bertemu atau hanya sekedar ingin makan Bulgogi saja.

Kimbab

Sobat kepo, kalau kamu belum sarapan dan waktunya sudah mepet untuk pergi ke kantor atau sekolah, kamu bisa coba buat Kimbab sendiri di rumah! Bentuk Kimbab mirip seperti Sushi, makanan khas Jepang. Tapi Kimbab isinya lebih beraneka ragam, mulai dari nasi, ikan, telur, sayuran seperti wortel dan timun, lalu digulung dengan rumput laut. Setelah digulung, Kimbab bisa dipotong menjadi 6-8 bagian, sesuka seleramu. Kimbab lebih praktis untuk dimakan saat kamu ada di perjalanan atau bisa menjadi teman saat sedang mengerjakan tugas dan dijamin tidak berantakan! Jadi, perut kenyang tugas pun selesai.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Korea dari mimin kepo yang bisa kamu coba. Sekarang ini makanan khas Korea dapat kamu jumpai di Indonesia, lho! Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Korea, di Indonesia pun sudah bisa mencicipi makanan khas Korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.